Media sosial Kemendikbud diserbu siswa pada hari kedua UN

Media sosial Kemendikbud diserbu siswa pada hari kedua UN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (1/4/2019). Sebanyak 76.230 siswa dari 580 SMA negeri dan swasta di Sulsel mengikuti UNBK yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/pras.)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah akun media sosial Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baik Facebook, Twitter dan Instagram diserbu sejumlah siswa yang mengeluhkan sulitnya soal Ujian Nasional (UN) SMA/MA hari kedua yakni matematika.

Dari pantauan Antara, siswa lebih banyak menyampaikan keluhan melalui akun Instagram yakni @kemdikbud.ri, yang mana keluhannya mencapai 16.000 komentar.

Akun Instagram @daffa_dapuk menulis "saya Kira tadi itu ujian matematika pak , ternyata ujian hidup ". Akun lainnya @curhatan.anaksekolah juga menulis mengenai UN matematika "Kenapa sih pak gak diharamin aja matematika? Padahal bikin orang sengsara:( ."

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan sejauh ini pelaksanaan UN berlangsung lancar dan kalaupun ada kendala dikarenakan masalah teknis.

"Sejauh ini berjalan lancar, belum ada kendala. Kemarin ada laporan sekolah yang komputernya terkena virus tapi sudah bisa diatasi," kata Mendikbud.

Ia meminta agar siswa untuk jujur dalam melaksanakan UN. Sebanyak 2.019.680 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Tanah Air mengikuti Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan pada 1,2,4, dan 8 April. Para siswa SMA/MA tersebut akan mengikuti UN yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan.

Sebanyak 97,8 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan 2,2 persen Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), sementara UN SMA/MA susulan akan dilakukan pada 13 April hingga 14 April 2019.*

Baca juga: Sumsel targetkan tahun depan semua SMA laksanakan UNBK

Baca juga: Pelajar tersangka kasus tembakau gorilla ikut UNBK

Baca juga: Lima narapidana anak di Palembang ikut Ujian Nasional


 
Pewarta : Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019