Dana yang terkumpul dalam program "Patungan Wakaf Sumur" ini akan digunakan ACT untuk pembangunan sumur bor bagi warga yang sangat membutuhkan.
Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan perusahaan kuliner Amanda Brownies patungan dana pembangunan sumur warga dalam program Patungan Sumur Wakaf

Humas ACT Sumsel, Hening, di Palembang, Rabu menjelaskan, bantuan dana yang disalurkan Amanda Brownies ini berbentuk wakaf karena sesuai dengan tuntunan Islam, di mana wakaf juga bisa diberikan dalam bentuk uang, atau tidak sebatas tanah, properti atau barang tertentu.

"Wakaf bisa diberikan dalam bentuk uang, yang bisa dikumpulkan bersama para wakif (pepmberi wakaf) lainnya hingga jangka waktu tertentu sampai tercukupi," kata dia.

Dana yang terkumpul  dalam program Patungan Wakaf Sumur ini akan digunakan ACT untuk pembangunan sumur bor bagi warga yang sangat membutuhkan.

Branch Manager Amanda Brownies, Tomi mengatakan perusahaannya sangat mendukung berbagai kegiatan bantuan kemanusiaan seperti yang dilakukan ACT Sumsel ini dalam program Patungan Wakaf Sumur.

"Saya harap dana dari pewakaf lainnya juga segera terkumpul, sehingga pembangunan sumur cepat direalisasikan dan dilakukan di banyak lokasi," kata dia.

Di wilayah Sumatera Selatan, ACT Sumsel telah membangun sebanyak enam sumur produktif di beberapa lokasi yakni di Ibul Besar (Kabupaten Ogan Ilir), Sungai Pedado (Palembang), Keramasan (Palembang), Mekarsari (Palembang), dan Gandus (Palembang).

Sementara ini ada beberapa sumur wakaf yang sedang dikerjakan, yakni di Kabupaten Banyuasin, tepatnya di Pesantren Al Hidayah, di mana Amanda Brownies menjadi salah satu pewakafnya.

Terkait program ini, ACT Sumsel juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan mendonasikan bantuan dengan mengantarkan langsung ke kantor ACT Sumsel Jalan Jendral Sudirman km 3.5 Palembang, atau melalui Rekening Wakaf (BNI Syariah: 66 0000 940) a.n Yayasan Global Wakaf.

Baca juga: PT Pelindo II gandeng ACT bangun sumur bor di Palembang

Baca juga: Global Wakaf-ACT Yogyakarta bantu sumur bor di Gunung Kidul

Baca juga: Kisah Utsman bin Affan menginspirasi Global Wakaf bangun sumur wakaf

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019