Kita sudah memeriksa satu caleg yaitu Bu Rika yang datang ke Bawaslu
Garut (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah memeriksa seorang calon legislatif (caleg) DPR RI yang secara terang-terangan melakukan kampanye pencalonannya pada acara Kementerian Pertanian di Lapangan Ciateul, Garut, yang disinyalir melanggar peraturan Pemilu.

"Kita sudah memeriksa satu caleg yaitu Bu Rika yang datang ke Bawaslu," kata Komisioner Bawaslu Garut, Asep Nurjaman di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, kegiatan Kementerian Pertanian itu dihadiri langsung Menteri Pertanian Andi Amran untuk membagikan program pemerintah kepada banyak warga dan petani dari Garut.

Acara tersebut, kata dia, dihadiri dua caleg DPR RI dari Partai Golkar yang tiba-tiba di atas panggung depan menteri mengenalkan diri dan mengajak untuk memilihnya kepada masyarakat yang hadir saat itu.

"Adanya laporan itu sudah kami tindaklanjuti untuk memeriksa kedua caleg, untuk sementara yang sudah diklarifikasi satu caleg," ucapnya.

Ia menambahkan, selain memeriksa caleg tersebut, Bawaslu Garut juga telah memeriksa pejabat terkait dari Dinas Pertanian Kabupaten Garut untuk menjelaskan kegiatan kementerian tersebut.

"Kami juga pada 2 April sudah klarifikasi perwakilan dari dinas pertanian tentang acara yang ada kampanyenya itu," ujarnya.

Hasil pemeriksaan pejabat Dinas maupun caleg, kata dia, sementara baru tahapan klarifikasi, terkait hasilnya belum dapat dipublikasikan kepada khalayak, karena harus dirapat plenokan terlebih dahulu di Bawaslu Garut.

"Terkait dengan itu nanti, bagaimana hasilnya harus plenokan, kami akan menyampaikannya berdasarkan pleno," katanya.

Ia menambahkan, hasil pemeriksaan terhadap dua caleg dan perwakilan dari panitia acara atau pejabat terkait di Dinas Pertanian Garut akan menjadi bahan pertimbangan di Bawaslu Garut.

"Pada prinsipnya kami hasil klarifikasi itu menjadi bahan pertimbangan kami di rapat pleno nanti," katanya.

Sebelumnya, Mentan Andi Amran menghadiri kegiatan yang dihadiri masyarakat dan petani dengan tema "Apresiasi dan Sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019" di Lapangan Ciateul.

Aksi dua caleg tersebut terjadi spontan ketika Mentan memanggilnya ke atas panggung.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019