... itu lebih banyak jika dibandingkan pertandingan biasanya yang hanya berjumlah sebanyak 1.200 personel...
Surabaya (ANTARA) - Polda Jawa Timur menyiagakan sebanyak 3.500 personel untuk mengamankan laga final putaran pertama Piala Presiden 2019 yang mempertemukan Persebaya lawan Arema FC, di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa, 9 April.

"Jumlah itu lebih banyak jika dibandingkan pertandingan biasanya yang hanya berjumlah sebanyak 1.200 personel," ujar Kepala Polda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan, di Markas Polda Jawa Timur, di Surabaya, Senin.

Ia menjelaskan, pengamanan maksimal tersebut karena saat ini merupakan musim kampanye dan menjelang pencoblosan Pemilu pada 17 April 2019, terlebih kedua tim merupakan klub besar di Jawa Timur.

"Semua pengamanan sudah diatur. Kami sudah mengantisipasi sejumlah titik-titik yang menjadi fokus pengamanan. Kami juga akan menggelar razia terhadap suporter yang tidak memiliki tiket," ucapnya.

Polda Jawa Timur, kata dia, sore nanti menggelar pertemuan dengan suporter Persebaya yang biasa disebut Bonek untuk memastikan agar situasi jalannya pertandingan bisa berjalan aman dan lancar.

Tak hanya dengan pendukung Persebaya, polisi juga akan menggelar pertemuan dengan pendukung Arema FC.

"Nantinya, saat Arema FC bermain di Surabaya, Aremania tidak boleh datang. Begitu juga sebaliknya, ketika Persebaya main di Malang, pendukungnya tidak boleh datang. Itu sudah kesepakatan," katanya.

Ia berharap agar pertandingan final Piala Presiden 2019 bisa menjadi sarana hiburan di tengah menghangatnya situasi politik saat ini.

Apalagi, lanjut dia, kedua tim memiliki banyak suporter di Jatim sehingga masyarakat berharap agar pertandingan bisa berjalan kondusif.

"Semoga pertandingan ini bisa menjadi hiburan warga Jatim. Kami bersama panitia berharap agar ini bisa menjadi hiburan yang menarik," kata dia.

Persebaya lolos ke partai puncak usai di semifinal mengandaskan Madura United di dua pertandingan, masing-masing 1-0 saat bermain di Surabaya dan menang 3-2 di kandang Madura.

Sedangkan, Arema FC berhak menantang Persebaya usai menang di dua pertandingan semifinal lawan Kalteng Putra masing-masing dengan skor sama, 3-0.

Final putaran kedua akan dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat, 12 April 2019, sekaligus seremoni penyerahan piala kepada tim pemenang.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019