Penggratisan KA lokal/komuter dan perintis juga dalam rangka meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api
Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis untuk kereta api (KA) lokal/komuter PSO (subsidi) dan perintis dalam rangka memperingati ulang tahun ke-21 Kementerian BUMN.

"Selain momentum ulang tahun ke-21 Kementerian BUMN, penggratisan KA lokal/komuter dan perintis tersebut juga dalam rangka meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api," ujar Manajer Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko kepada wartawan, Kamis.

Menurut dia, KA lokal/komuter dan perintis yang digratskan di wilayah Daop 7 Madiun adalah KA Dhoho relasi Blitar–Kertosono–Surabayakota (PP) dan KA Penataran relasi Surabayakota– Malang–Blitar (PP) serta relasi Blitar–Surabaya Gubeng (PP).

"Masyarakat dapat menikmati perjalanan tanpa biaya dengan kereta tersebut untuk jadwal pada hari Sabtu tanggal 13 April 2019," kata Ixfan.

Adapun, masyarakat bisa mendapatkan tiket KA-KA tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show atau pada hari H.

"Setiap calon penumpang dapat membeli maksimal satu tiket kecuali membawa anak usia di bawah 10 tahun dan lansia. Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api," terang Ixfan lanjut.

Ia menambahkan, untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan KA.

"Promo Rp0 tersebut merupakan kontribusi KAI dalam menyambut momentum HUT ke-21 BUMN Hadir untuk Negeri. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan promo ini semaksimal mungkin," kata Ixfan.

Baca juga: KAI rilis jadwal kereta mudik/balik gratis Lebaran 2019
Baca juga: Disiapkan 174 perjalanan KA mudik gratis di sekitar Jawa Timur

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019