Pertamina salurkan Rp1,4 miliar ke UMKM Jatim

Pertamina salurkan Rp1,4 miliar ke UMKM Jatim

Logo pertamina (1)

Surabaya (ANTARA) - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V yang wilayah kerjanya meliputi Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara menyalurkan dana sebesar Rp1,4 miliar kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jatim sebagai bagian dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

"Program kemitraan ini merupakan salah satu upaya kami untuk membantu masyarakat dalam permodalan usahanya, selain menjalankan usaha di bisnis minyak dan gas, Pertamina juga berkomitmen untuk memajukan masyarakat di sekitar area operasinya," kata Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji di Surabaya, Senin.

Dikatakannya, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina akan terus berupaya memajukan UMKM, termasuk di Jawa Timur dengan menggulirkan Program Kemitraan (PK) dan memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasi agar makin produktif dan dapat bersaing di pasar nasional bahkan internasional.

"Hari ini, kami melakukan sosialisasi dan penandatanganan Surat Perjanjian Peminjaman Uang (SPPU) kepada calon mitra binaan di Kantor Pertamina Jagir, dan sekaligus dihadiri oleh 14 calon mitra binaan Pertamina," katanya.

Ia mengatakan, melalui PKBL Pertamina MOR V tercatat telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp140,8 miliar pada 2016 hingga 2018, kepada UMKM di Jawa Timur.

"Hari ini, Pertamina menyalurkan Rp1,4 miliar untuk 14 Mitra Binaan. Diharapkan ke depannya para pelaku usaha ini dapat mengembangkan usahanya dan memasarkan produk lebih luas lagi," tuturnya.

Salah satu penerima program, Titin Iswati mengaku sangat antusias dalam mengikuti program kemitraan yang ditawarkan oleh Pertamina.

"Selain untuk permodalan usaha, saya juga berharap dengan mengikuti program kemitraan ini usaha saya dapat lebih berkembang dan menambah wawasan untuk memasarkan produk bukan hanya di daerah saya, tetapi lebih luas lagi ke luar kota," katanya.

Sementara itu, program kemitraan Pertamina menawarkan pinjaman dengan bunga 3 persen per tahun dengan saldo menurun dan pinjaman hingga Rp200 juta.

Selain pinjaman modal, Pertamina juga melakukan pengembangan dan pembinaan pada UMKM, di antaranya melalui pelatihan pemasaran untuk meningkatkan kualitas produk dan agar dapat bersaing di pasaran.

Selain itu, Pertamina juga mengikutsertakan mitra binaan unggulan pada pameran tingkat regional, nasional, maupun internasional.
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019