TOKYO (Antara/BUSINESS WIRE) --  Information Services International-Dentsu, Ltd. (TOKYO: 4812) ('ISID' Kantor Pusat: Minato-ku, Tokyo; President dan CEO: Ryoichi Nawa) hari ini mengumumkan bahwa melalui anak usahanya, PT ISID INDONESIA (Kantor pusat: Jakarta, Indonesia; Presiden Direktur: Takuya Ono; selanjutnya disebut sebagai ISID INDONESIA), telah mengakuisisi 75 persen saham PT Ebiz Cipta Solusi (Kantor pusat: Jakarta, Indonesia; Presiden Direktur: Dedy Effendi Lingga; selanjutnya disebut sebagai Ebiz, salah satu perusahaan penyedia solusi TI terkemuka di Indonesia. Akuisisi ini menjadikan Ebiz sebagai anak usaha ISID.

Ebiz adalah perusahaan TI yang berfokus pada penjualan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri dan pihak ketiga serta penyediaan berbagai layanan pendukung teknis. Solusi pelaporan jasa keuangan milik Ebiz, Maleo Series, memiliki pangsa pasar yang besar dan digunakan oleh lebih dari 20 perusahaan pembiayaan dan keuangan terkemuka di Indonesia, termasuk perusahaan-perusahaan top 10. Solusi yang juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini semakin menjadi solusi pelaporan pilihan bagi banyak perusahaan jasa keuangan di Indonesia (pembiayaan dan keuangan, bank, sekuritas, asuransi). Dengan demikian, Ebiz memiliki proyeksi pertumbuhan bisnis yang cerah di masa depan.

ISID INDONESIA terlibat dalam bisnis integrasi sistem, khususnya untuk perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan ini melihat tingginya permintaan pasar akan solusi 'Lamp', sistem inti komprehensif untuk bisnis pembiayaan dan keuangan yang dikembangkan dan diaplikasikan oleh ISID Group di Tiongkok dan ASEAN. ISID INDONESIA telah mengimplementasikan Lamp pada banyak pelanggannya di Indonesia, termasuk empat perusahaan pembiayaan dan keuangan asal Jepang yang beroperasi di Indonesia. Dengan akuisisi ini, ISID Group juga akan menawarkan solusi pelaporan Ebiz kepada para pelanggan eksisting dan pelanggan Lamp yang potensial. Selain itu, ISID Group berencana untuk memperluas bisnis solusi keuangannya di Indonesia dengan cara mempercepat penjualan Lamp dan beragam solusi lainnya dengan memanfaatkan basis pelanggan lokal Ebiz.

Dampak dari transaksi ini terhadap laporan keuangan terkonsolidasi ISID untuk tahun fiskal yang berakhir pada 31 Desember 2019 diperkirakan minimal.

Tentang Ebiz

Nama Perusahaan    PT Ebiz Cipta Solusi
Perwakilan                 Presdir, Dedy Effendi Lingga
Lokasi                         Jakarta, Indonesia
Situs                           http://www.ebizcipta.com/
Didirikan pada          2001
Pemegang Saham     75 persen milik ISID INDONESIA setelah akuisisi rampung
Jumlah karyawan      110
Lini bisnis                  Penyedia layanan integrasi sistem
                                   (Konsultasi TI, pengembangan sistem,
                                   penjualan dan pemeliharaan produk,dll)
                                   untuk pelanggan enterprise
(Referensi)

Tentang Maleo Series

Maleo adalah solusi pelaporan untuk OJK yang dikembangkan oleh Ebiz. Seri ini meliputi paket pelaporan informasi kredit 'SLIK' dan solusi pelaporan untuk otoritas keuangan, 'SIPP'. Sejak diluncurkan pada 2017, Maleo telah diperkenalkan kepada lebih dari 20 lembaga keuangan di Indonesia.

Tentang Lamp

Lamp adalah singkatan dari 'Leasing & Finance Advanced Management Portal' dan merupakan sistem inti untuk operasi pembiayaan dan keuangan yang dikembangkan oleh anak usaha ISID di Tiongkok, ISI-Dentsu Shanghai Co., Ltd. Sistem ini meliputi berbagai fungsi dasar yang mendukung manajemen pelanggan, manajemen kontrak, penagihan, manajemen pengumpulan dan pembayaran, dan juga dilengkapi dengan beragam fungsi lain, seperti dukungan multi bahasa, transaksi multi mata uang, dan pengolahan pengembalian pembayaran angsuran dan fluktuasi kurs. Sistem ini juga kompatibel untuk digunakan secara bersamaan dengan sistem perbankan, CMS, akuntansi, dll. Sejak diluncurkan pada 2010, Lamp telah diadopsi di lebih dari 255 lokasi oleh 31 perusahaan di delapan negara, khususnya di perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Tiongkok dan ASEAN. (Per Maret 2019)  http://www.isid.com.cn/lamp/en/

Catatan: Nama perusahaan dan produk di siaran pers ini adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar masing-masing pemiliknya.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20190416006085/en/

Kontak

Kontak Media
ISID Corporate Communications Office TEL:+81 3-6713-6100
E-mail: g-pr@isid.co.jp
Yu Tajika

Sumber: Information Services International-Dentsu, Ltd.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.



Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019