489 SMP di Sulsel masih gunakan kertas dan pensil UN

489 SMP di Sulsel masih gunakan kertas dan pensil UN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi saat memantau pelaksanaan UNBK SMA Sulsel 2019 melalui tele konferensi di Kantor Disdik Sulsel. (ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah)

Makassar (ANTARA) - Sebanyak 489 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari 12 kabupaten di Sulawesi Selatan masih menggunakan kertas dan pensil pada Ujian Nasional atau disebut UNKP (ujian nasional kertas dan pensil) 2019.

"Untuk pelaksanaan UNKP di madrasah tsanawiyah sudah tidak ada, hanya di SMP. Ada 414 SMP negeri dan 75 SMP swasta," ungkap Koordinator HelpDesk UNBK Propinsi Sulawesi Selatan, Firdausi Topuriti di Makassar, Sabtu.

12 kabupaten yang masih melaksanakan UNKP yakni Kabupaten Gowa, Jeneponto, Bantaeng, Pangkajene Kepulauan, Bulukumba, Sinjai, Kepulauan Selayar, Luwu, Sidenreng Rappang, Enrekang, Tana Toraja dan Toraja Utara.

Berdasarkan data Disdik Sulsel, Kabupaten Gowa menempati urutan pertama dengan pelaksanaan UNKP terbanyak di Sulsel, yakni 91 sekolah dari 175 SMP/MTs. Disusul Kabupaten Pangkajene Kepulauan dengan jumlah 79 sekolah dari 112 SMP/MTs, kemudian Kabupaten Tana Toraja dari 89 SMP/Mts, ada 72 sekolah yang masih UNKP.

"Pada pelaksanaan UN, kita kembali kepada kesiapan setiap daerah karena SD dan SMP/Mts di bawah koordinasi pemerintah kabupaten masing-masing," kata Uchi sapaan staf Disdik Sulsel.

Disampaikan, distribusi soal untuk pelaksanaan UNKP SMP/MTs yang akan digelar pada 22-25 April 2019 telah dilaksanakan sejak 13 April lalu dengan pengawalan ketat dari Polda untuk tingkat provinsi hingga pada jajaran polsek di tingkat kecamatan.

Secara teknis, kata dia, pelaksanaan maupun distribusi soal UNKP sama dengan tahun sebelumnya. Soal dikirim langsung dari percetakan ke berbagai provinsi melalui kantor pos, yang selanjutnya dikawal oleh pihak kepolisian.

Sementara untuk wilayah 3T (Terluar, Tertinggal dan Terdepan) yang disebut remote area, kata Uchi, hanya menyisakan dua wilayah di Sulsel, yakni Kepulauan Selayar dan Pangkajene Kepulauan. Distribusi soal di dua lokasi ini juga disebut berjalan lancar dan aman.

Selain UNKP, pelaksanaan UN di Sulsel juga akan digelar dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang akan melibatkan 1.919 SMP/Mts terdiri dari 1.186 SMP dengan total 100.063 siswa dan 30.690 siswa dari 733 MTs.*

Baca juga: 4,27 juta siswa akan ikuti UN SMP/MTS

 
Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019