Wamena (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua Christian Sohilait mengatakan tidak ada pemungutan suara ulang (PSU) pemilu di sana.

Sekda Christian Sohilait di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Minggu, mengatakan pemilu 17 April di seluruh distrik di Lanny Jaya berjalan aman.

"Kami di Lanny Jaya tidak ada pelaksanaan pemungutan suara ulang di sejumlah distrik. Semua tahapan berjalan dengan baik hingga saat ini," katanya.

Menurut dia, Pemerintah Daerah Lanny Jaya belum tahu apakah pengungsi Nduga yang berada di Distrik Kuyawage, Lanny Jaya menyalurkan hak politik atau tidak.

Ia menyebutkan memang ada warga Nduga di sana, namun pemerintah Lanny Jaya tidak bisa mengkoordinir mereka dalam pemilu sebab logistik surat suara yang diterima itu sudah sesuai dengan jumlah pemilih Lanny Jaya.

"Kita tak bisa paksakan mereka harus ikut pemilu, dan saya pikir mereka tidak akan ikut dalam pemilihan kemarin dan mereka sudah menyampaikan itu ke kepala distrik setempat," katanya.

Pemerintah Lanny Jaya menurut dia, sudah menyampaikan kepada pemerintah Nduga terkait pengungsi yang berada di Lanny Jaya itu.

"Kami tidak tahu bagaimana tindak lanjutnya, apakah akan ditangani dalam pemilu kemarin atau tidak untuk masyarakat pengungsi Nduga di Lanny Jaya," katanya.

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019