218 pemilih ikuti pemungutan suara ulang di Bangka Barat

218 pemilih ikuti pemungutan suara ulang di Bangka Barat

Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi saat meninjau pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang di TPS 04 Desa Sangku, Kecamatan Tempilang. (babel.antaranews.com/ Donatus DP)

Muntok, Babel (ANTARA) - Sebanyak 218 pemilih di TPS 04 Desa Sangku, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung antusias mengikuti pemilihan suara ulang pemilu 2019 yang dilaksanakan Sabtu.

"Kami berikan apresiasi positif kepada warga yang telah menyalurkan hak pilihnya pada pemungutan suara ulang di TPS 04 Desa Sangku, Kecamatan Tempilang," kata anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Babel, Sabtu.

Sebanyak 218 pemilih yang melakukan pencoblosan pada pemungutan suara ulang di TPS tersebut terdiri dari 216 pemilih yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan dua orang pemilih Daftar Pemilih Khusus (DPK).

"Jika dihitung persentase jumlah pemilih yang datang mencapai 80 persen dari 274 orang pemilih yang terdata di TPS tersebut," ujarnya.

Pemilihan ulang di TPS tersebut dilakukan menindaklanjuti rekomendasi dari Badan Pangawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat setelah ditemukan adanya kesalahan proses pemilihan yang dilakukan pada 17 April 2019.

Untuk pemungutan suara ulang digunakan empat jenis surat suara, yaitu surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan DPD RI, DPR RI dan surat suara pemilihan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ia menambahkan, pemungutan suara dilaksanakan petugas KPPS sejak pukul 07.00 WIB dan selesai pukul 14.00 WIB.

"Saat ini masih dalam proses penghitungan suara, kami perkirakan akan selesai sekitar pukul 18.00 WIB dan dilanjutkan dengan pengisian sejumlah formulir TPS," katanya.

Proses pencoblosan dan penghitungan suara berjalan lancar, tertib dan aman berkat dukungan pengamanan puluhan petugas Polres Bangka Barat bersama anggota TNI dan Linmas.
Pewarta : Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019