Ratusan Tagana siaga bantu penanganan dampak banjir Bengkulu

Ratusan Tagana siaga bantu penanganan dampak banjir Bengkulu

Dokumentasi - Warga mengevakuasi perabotan rumah tangga saat banjir di daerah perumahan Sawah Lebar Baru Balai Kota Bengkulu, Bengkulu, Sabtu (27/4/2019). ANTARA FOTO/David Muharmansyah/aa

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 849 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) disiagakan untuk membantu penanganan dampak banjir yang melanda sebagian wilayah Provinsi Bengkulu sejak Jumat (26/4), kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat di Jakarta, Minggu.

Kampung Siaga Bencana (KSB) yang ada di Bengkulu juga disiagakan. Ada 15 KSB yang tersebar di berbagai daerah di Bengkulu menurut Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial Margowiyono.

"Tagana yang sudah diturunkan ikut membantu proses evakuasi korban dan pendistribusian logistik," kata Margowiyono.

Kementerian Sosial juga menyiapkan bantuan senilai Rp832 juta lebih untuk penanganan dampak banjir yang melanda delapan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

Pemerintah sedang mengirimkan bantuan berupa makanan siap saji, lauk pauk, makanan anak, tenda gulung, tenda serba guna, paket sandang dan selimut dengan nilai keseluruhan Rp667 juta dari gudang pusat Kementerian Sosial ke gudang Provinsi Bengkulu.

Selain itu Kementerian Sosial menyalurkan bantuan masing-masing Rp15 juta untuk ahli waris dua korban yang meninggal dunia akibat banjir.

Pemerintah menyiapkan dana total Rp135 juta untuk santunan ahli waris sembilan korban meninggal dunia yang datanya masih dalam proses verifikasi.

Baca juga:
Kemensos siapkan Rp832 juta untuk bantu penanganan banjir Bengkulu
Delapan tambang batu bara dinilai perparah banjir Bengkulu
Pewarta : Desi Purnamawati
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019