Koba, Babel, (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih sebanyak 63.320 suara di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hasil rekapitulasi perolehan suara akhir di tingkat KPU Bangka Tengah, mencatat pasangan 01 meraih sebesar 61,8 persen suara atau unggul dari pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno yang hanya mampu meraup 39.131 suara atau sebesar 38,2 persen suara.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Bangka Tengah tercatat 127.183 jiwa, dengan total pengguna hak suara yang digunakan adalah 106.548 orang. Sedangkan suara tidak sah sebanyak 4.097 suara.

Pasangan 02 hanya unggul pada dua kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah dengan selisih yang tidak signifikan dengan pasangan 01.

PDIP dan Golkar yang merupakan partai pengusung pasangan 02 juga mendominasi perolehan suara pemilu serentak di Kabupaten Bangka Tengah.

Demikian juga Nasdem yang merupakan partai politik koalisi pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf berada di urutan ketiga perolehan suara pemilu serentak.

Sementara Gerindra merupakan partai politik yang dinakhodai Prabowo Subianto hanya mampu berada posisi empat perolehan suara pemilu serentak.

Partai Persatuan Pembangunan yang sempat mendominasi perolehan suara dalam Pemilu 2014, mengalami penurunan pada pemilu 2019. 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019