KPU Lamongan apresiasi saksi terima hasil rekapitulasi suara

KPU Lamongan apresiasi saksi terima hasil rekapitulasi suara

Pemilu 2019 (Dokumentasi ANTARA)

Lamongan, Jawa Timur (ANTARA) - Ketua KPU Lamongan, Jawa Timur, Imam Ghozali mengapresiasi semua saksi menerima hasil rekapitulasi suara dan mengakui bahwa pelaksanaan pemilu di wilayah ini berjalan aman, damai dan sejuk.

"Semua saksi untuk pilpres tanda tangan. Saksi dari tim kampanye daerah (TKD) dan badan pemenangan daerah (BPD) hadir dan tanda tangan di berita acara," kata Ghozali usai rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara, di Lamongan, Sabtu.

Ghozali mengatakan, KPU Lamongan sengaja menggelar deklarasi merajut kebersamaan dalam menjaga keutuhan NKRI usai rekapitulasi, tujuannya untuk menjaga wilayah ini aman usai pelaksanaan Pemilu 2019

"Kami menyatakan telah melaksanakan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 dengan aman, tertib, damai dan berintegritas berdasarkan peraturan perundang-undangan," kata Ghozali yang diikuti oleh penyelenggara dan peserta pemilu yang hadir.

Para saksi dalam deklarasi itu juga memberikan apresiasi terhadap kinerja TNI-Polri dalam mengamankan Pemilu 2019 sehingga terwujud situasi kamtibmas di Lamongan yang aman, damai dan sejuk.

Hal yang sama dikatakan tokoh agama Kabupaten Lamongan, Shodiqin. Menurutnya perselisihan antarcalon di tingkat bawah atau akar rumput itu tidak ada, dan usai pelaksanaan pemilu akan tetap berjalan damai, serta tidak ada konflik.

"Malam ini kami juga 'begadang' bersama, tidak ada gesekan antarpendukung calon. Yang penting kami telah melakukan tugas sebagai warga negara untuk ikut pesta demokrasi," kata Shodiqin yang juga Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lamongan.

Ia berharap para peserta Pemilu 2019 bisa membawa kedamaian serta menerima hasilnya dengan lapang dada, sehingga tidak terjadi konflik usai pelaksanaan pemilu.

Sementara itu, hasil rekapitulasi KPU Lamongan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin unggul atas pasangan calon 02 Prabowo-Sandi.

Dari data yang masuk, total surat suara mencapai 830.219 suara, dan surat suara yang sah mencapai 798.051 suara, dan tidak sah 32.168 suara.

Dari total surat suara yang sah tersebut, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin mendapatkan 515.751 suara, dan pasangan 02 Prabowo-Sandi memperoleh 282.300 suara.

Sementara itu, usai melakukan rekapitulasi suara rencananya hasilnya segera akan didistribusikan ke KPU Provinsi Jatim.

 

Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Eddy K Sinoel
COPYRIGHT © ANTARA 2019