Perlu kami tegaskan bahwa di OKU tidak ada pemungutan suara ulang (PSU)
Baturaja (ANTARA) - Ketua KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Naning Wijaya, menegaskan di wilayah setempat tidak ada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019 karena seluruh tahapan yang sudah dilaksanakan berjalan aman dan lancar.

"Perlu kami tegaskan bahwa di OKU tidak ada pemungutan suara ulang (PSU)," kata Ketua KPU Ogan Komering Ulu (OKU), Naning Wijaya di Baturaja, Selasa.

Menurut dia, secara umum semua tahapan pelaksanaan pemilu serentak di Kabupaten OKU sudah berjalan sesuai dengan aturan yang ada.

Bahkan pada proses rekapitulasi tingkat KPU yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu berjalan tertib dan pihaknya tidak perlu menggunakan baracuda serta kawat berduri untuk mengantisipasi jika terjadi kericuhan.

"Kami juga berterima kasih kepada seluruh pihak terkait dan warga Kabupaten OKU yang telah menyukseskan pemilu 2019 ini," katanya.

Dia mengemukakan, pada Pemilu 2019 ini tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya juga mengalami peningkatan mencapai 80 persen pemilih.

"Jumlah pemilih di OKU pada pemilu tahun ini yaitu sebanyak 255.224 orang sehingga capaian pemilih mencapai 80 persen," ungkapnya.

Menurut dia, partisipasi masyarakat Kabupaten OKU dalam pemilihan umum 2019 mencapai 80 persen tersebut melampaui target nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang hanya sekitar 77,5 persen.

"Partisipasi pemilih di OKU ini mencapai 80 persen dari target nasional 77,5 persen. Kami bersyukur bisa melampaui target nasional dengan segala upaya yang dilakukan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya," ujarnya.


Baca juga: 14 perempuan lolos jadi anggota DPRD Karawang
Baca juga: Komunitas SATU Betor kawal rekapitulasi suara di Medan
Baca juga: Tingkat partisipasi pemilih Pemilu 2019 Kota Solok capai 86 persen

 

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019