Yang sudah disahkan (baru) satu, Kabupaten Tasikmalaya
Bandung (ANTARA) - Hari pertama rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 KPU Jawa Barat (Pilpres), selesai, sementara dengan mengesahkan hasil dari KPU Kabupaten Tasikmalaya yang suara terbanyaknya didapatkan oleh Prabowo-Sandi.

Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok mengatakan di hari pertama ini tiga daerah telah menyampaikan hasil rekapitulasinya yakni Kabupaten Tasikmalaya, Kota Sukabumi dan Kabupaten Majalengka. Namun, dari ketiga daerah tersebut hanya satu daerah yang telah disahkan.

"Yang sudah disahkan (baru) satu, Kabupaten Tasikmalaya," kata Rifqi di kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu.

Di Kabupaten Tasikmalaya, pasangan 01 Jokowi - Ma’ruf Amin mendapat 302,132 suara. Sedangkan pasangan 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul dengan 729,024 suara.

Untuk Kabupaten Kuningan yang tadi juga menyampaikan rekapitulasinya, kata dia, akan dilanjut besok karena waktu sudah hampir malam.

Sementara itu untuk dua daerah yang telah selesai menyampaikan rekapitulasi, Kota Sukabumi dan Kabupaten Majalengka hanya tinggal menunggu hasil koreksi.

"Tinggal mengoreksi data pemilihnya saja yang tadi belum disinkronkan. Besok kota Sukabumi dan Majalengka bisa ditetapkan," kata dia.

Sesuai dengan jadwal seharusnya hari pertama enam kota untuk menyampaikan hasil rekapitulasinya. Namun, memurut Rifqi ada beberapa masalah pada singkronisasi data pemilih.

"Kami harapkan yang lain sudah bisa memperbaiki data pemilih karena kendalanya di data pemilih, bukan hasil," ucapnya.

Dia mengatakan akan berupaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sebelum dilimpahkan untuk proses rekapitulasi di KPU RI.

"Justru itu kami baru tahu ditingkat provinsi munculnya. Maka kami koreksi supaya tidak ada persoalan ditingkat pusat," tutur Rifqi.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019