Makassar (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklaim berhasil memperoleh 106 kursi di tingkat DPRD kabupaten kota se-Sulsel pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 atau naik 35 persen dari Pemilu Legislatif 2014.

"Tahun 2014 kursi Nasdem di kabupaten kota hanya 70 kursi dan untuk Pemilu Legislatif tahun ini naik dan memperoleh 106 kursi," sebut Sekertaris DPW Nasdem Sulsel, Syaharuddin Alrif di Makassar, Rabu.

Menurutnya, hasil tersebut sesuai dengan data internal yang direkapitulasi tim berdasarkan data formulir C1 yang diperoleh selama proses penghitungan suara di tingkat TPS dan PPK wilayah setempat.

Selain itu, jumlah perolehan suara ini cukup menggembirakan, tidak hanya bertambah kursi, bahkan berhasil mendapat posisi sebagai Ketua DPRD seperti di Kota Makassar, Kabupaten Barru, Sidenreng Rappang (Sidrap), Toraja Utara dan Pangkajene Kepulauan (Pangkep).

Sedangkan 16 kabupaten kota di Sulsel, sebutnya, juga berhasil mendudukkan kadernya sebagai Wakil Ketua DPRD, yang sebelumnya hanya menjabat anggota.

Sementara pada Pemilu 2014, hanya lima daerah seperti Kota Makassar, Kabupaten Barru, Sidrap, Bone, dan Lutim menempatkan posisi Wakil Ketua DPRD di daerah setempat.

Kendati demikian, Wakil Ketua DPRD Sulsel ini mengatakan, dari jumlah itu, ada tiga daerah perolehan kursi menurun seperti di Kabupaten Kepulauan Selayar, Bantaeng dan Jeneponto.

Untuk kursi DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, partai Nasdem berhasil menambah perolehan kursi, dari Pemilu Legislatif 2014 hanya tujuh kursi dan pada Pemilu Legislatif tahun ini berhasil meraih 12 kursi.

"Alhamdulilah, ini tidak lepas dari kerja-kerja politik kader serta tidak terlepas dari prinsip kebersamaan yang sangat besar didukung jiwa petarung kader cukup besar. Hampir semua daerah yang terpilih anak-anak muda yang enerjik. Ini keberhasilan untuk semuanya," papar dia.

Berikut lima daerah meraih kursi Ketua DPRD Partai Nasdem
1. Kota Makassar
2. Kabupaten Barru
3. Kabupaten Sidrap
4. Kabupaten Toraja Utara
5. Kabupaten Pangkep

Berikut 16 daerah meraih kursi wakil ketua DPRD Partai Nasdem
1. Kota Pare-pare
2. Kabupaten Maros
3. Kabupaten Pinrang
4. Kabupaten Enrekang
5. Kabupaten Tana Toraja
6. Kabupaten Luwu Timur
7. Kabupaten Luwu Utara
8. Kabupaten Luwu
9. Kota Palopo
10. Kabupaten Wajo
11. Kabupaten Soppeng
12. Kabupaten Bone
13. Kabupaten Sinjai
14. Kabupaten Bulukumba
15. Kabupaten Takalar
16. Kabupaten Gowa

Baca juga: Nasdem Sulsel loloskan tiga caleg ke Senayan
Baca juga: Nasdem klaim empat kursi DPR RI dari Sulsel

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019