Lima unggulan teratas tunggal putra maju ke perempat final Madrid

Lima unggulan teratas tunggal putra maju ke perempat final Madrid

Ilustrasi Tenis (Foto Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Perempat final tunggal putra Madrid Open didominasi petenis unggulan dengan lima unggulan teratas seluruhnya maju ke babak delapan besar.

Unggulan teratas Novak Djokovic akan bertemu unggulan sembilan Marin Cilic pada perempat final setelah keduanya memenangi laga 16 besar, Kamis. Petenis Serbia itu menang atas Jeremy Chardy 6-1, 7-6(2), sedang Cilic menundukkan Laslo Djere dalam tiga set 4-6, 6-3, 6-2.

"Selalu menjadi tantangan besar untuk mengatasi pertandingan mana pun dalam turnamen besar karena setiap orang termotivasi," kata Djokovic yang penampilannya menurun sejak menjuarai Australia Open Januari lalu, dikutip dari laman ATP Tour, Jumat.

"Saya berpengalaman pada level ini. Saya tahu apa yang harus dilakukan dan hal baik dari tenis adalah Anda selalu punya kesempatan dalam sepekan atau dua pekan, tiga pekan, untuk memperbaiki mungkin hal tertentu yang Anda rasa tidak berhasil," tambahnya.

Djokovic tidak mencapai perempat final di Indian Wells maupun Miami, dalam dua tahun berturut-turut. Namun juara dua kali di Madrid itu tetap tenang, dan setelah maju ke delapan besar di Monte-Carlo, ia masuk ke perempat final di Caja Magica dengan peluang maju lebih jauh saat menghadapi Marin Cilic.

Baca juga: Hentikan Osaka, Bencic tantang Halep di semifinal Madrid

Petenis tuan rumah Spanyol, unggulan kedua Rafael Nadal juga melangkah ke delapan besar untuk menghadapi Stan Wawrinka dari Swiss.

Nadal maju ke perempat final dengan menyisihkan Francis Tiafoe dari AS dengan kemenangan 6-3, 6-4, sedangkan Wawrinka melaju berkat kemenangan 6-3, 7-6(3) atas unggulan keenam asal Jepang Kei Nishikori.

“Saya sangat senang. Hasil yang bagus melawan musuh yang berat. Seperti saya katakan kemarin, ia sudah menang melawan Basilashvili dan Kohlschreiber, sehingga ia memasuki pertandingan ini dengan kepercayaan diri yang bagus dan kemenangan atas dua pemain hebat di lapangan tanah liat.

Ini pertandingan yang sulit. Saya rasa saya melakukan banyak hal bagus malam ini, sehingga saya gembira dengan penampilan saya semangat untuk terus melaju,” kata Nadal.

Sementara unggulan ketiga Alexander Zverev bangkit dari kehilangan set pembuka untuk menang atas Hubert Hurkacz dari Polandia 3-6, 6-4, 6-4. Petenis Jerman itu selanjutnya bertemu petenis Yunani Stefanos Tsitsipas dalam perebutan tempat di semifinal.

Tsitsipas yang menjadi unggulan delapan itu sebelumnya menyingkirkan petenis tuan rumah Vernando Verdasco 6-3, 6-4.

Adapun unggulan keempat Roger Federer harus berjuang pada set penentuan untuk menundukkan petenis Prancis Gael Monfils 6-0, 4-6, 7-6(3). Keberhasil tersebut adalah kemenangan Federer yang ke-1200.

Selanjutnya juara tiga kali di Madrid itu akan menghadapi unggulan kelima Dominic Thiem yang menyisihkan ungulan 10 Fabio Fognini 6-4, 7-5.
Pewarta : Fitri Supratiwi
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019