Kami sudah siapkan sekitar lima ton daging bersubsidi bagi kalangan kurang mampu, untuk memenuhi kebutuhan daging mereka dalam Lebaran Idul Fitri tahun ini
Koba, Babel, (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sebanyak lima ton daging bersubsidi untuk warga yang kurang mampu di daerah itu.

"Kami sudah siapkan sekitar lima ton daging bersubsidi bagi kalangan kurang mampu, untuk memenuhi kebutuhan daging mereka dalam Lebaran Idul Fitri tahun ini," kata Kepala Disperindagkop Bangka Tengah, Kaharuddin, di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, pendistribusian daging bersubsidi ini merupakan program rutin pemerintah daerah setiap tahun untuk membantu kalangan kurang mampu.

"Daging bersubsidi itu akan kami salurkan satu minggu sebelum Lebaran Idul Fitri yang nanti dikoordinir oleh pihak kelurahan dan desa," ujarnya.

Ia menjelaskan, harga daging bersubsidi tersebut jauh lebih murah dibanding harga daging yang dijual para pedagang di pasar dengan harga mencapai Rp100 ribu lebih per kilogram.

"Data penerima daging bersubsidi itu diinput oleh Dinas Sosial, kemudian diserahkan kepada pihak kelurahan untuk didistribusikan kepada mereka yang berhak menerimanya dengan menggunakan kupon," ujarnya.

Ia mengatakan, operasi daging murah tersebut juga dalam rangka menstabilkan harga daging di pasar yang cenderung naik menjelang Lebaran Idul Fitri.

"Biasanya harga daging cenderung naik dalam Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, maka pemerintah menyiapkan stok daging murah bagi masyarakat," ujarnya.  

Baca juga: Kabupaten Bangka Tengah kendalikan inflasi selama Ramadhan
Baca juga: Warga gelar "sedekah ruah" jelang Ramadhan

Pewarta: Ahmadi
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2019