Jakarta (ANTARA) - Kendaraan pribadi seringkali lebih diminati sebagai moda transportasi bagi masyarakat ingin lebih leluasa membawa berbagai macam barang saat mudik Lebaran dibanding angkutan umum.

Alat tambahan di atap mobil atau roofbox, menurut Supervisor Pemasaran Whale Carrier Dede Ardiansyah di Bekasi, Senin, mengatakan sudah menjadi jalan keluar bagi para pemudik kendaraan pribadi yang ingin menambah kapasitas muatan barang.

"Mereka yang menggunakan roofbox biasanya mencari kenyamanan saat perjalan jauh. Jadi, semua barang bisa ditaruh dalam roofbox sehingga kabin lebih lega dan bersih," ujar Dede.

Dede mengatakan rootbox bisa dipakai untuk semua jenis kendaraan baik itu MPV, LMPV, SUV, hingga city car.

Namun, para pemudik kendaraan pribadi perlu memperhatikan sejumlah aspek keselamatan jika akan memasang roofbox di kendaraan mereka.

Baca juga: Teliti sebelum beli mobil bekas untuk mudik

Aspek keselamatan itu, menurut Dede, menjadi penting menyusul perhitungan aerodinamika kendaraan yang berubah akibat kehadiran barang bawaan di atas kendaraan.

"Untuk mengatasi keseimbangan kendaraan, kita perlu memilih roofbox dengan aerodinamika yang bagus," ujarnya.

Selain aerodinamika, ketinggian kendaraan yang menggunakan roofbox juga menjadi perhitungan lain terutama jika melewati jalanan dengan penghalang seperti Gerbang Tol Otomatis (GTO).

"Untuk penyesuaian tinggi gerbang GTO, tergantung tinggi mobil pengguna. Selama ini, konsumen kami yang menggunakan jenis kendaraan LMPV, MPV dan City Car sudah pasti aman tidak ada gangguan. Tapi kalau SUV, ketinggian sudah pasti mentok," ujar Dede.

Baca juga: Hampir 400.000 mobil pribadi per hari akan lintasi Tol Trans Jawa
Pewarta:
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019