Sochi (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Selasa mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bahwa sudah saatnya bagi Moskow dan Washington membuang jauh ketidakpercayaan dan menemukan cara untuk menjalin kerja sama secara konstruktif.

Pompeo berada di resor Sochi di dekat Laut Hitam Rusia untuk menggelar pembicaraan dengan timpalannya dari Rusia. Keesokannya, ia akan berkonsultasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Hubungan antar-kedua negara tersebut diracuni sejumlah tuduhan -- yang dibantah oleh Moskow -- bahwa Rusia berupaya memengaruhi hasil pemilu presiden AS 2016. Keduanya juga berbeda pandangan soal Venezuela, Iran, Suriah dan Ukraina.

"Kami melihat bahwa ada kecurigaan dan prasangka," kata Lavrov kepada Pompeo di awal pembicaraan mereka.

"Ini menghambat baik keamanan Anda maupun keamanan kami dan menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia. Saya merasa sudah waktunya untuk membangun matriks baru dan lebih konstruktif bagi hubungan kami," kata Lavrov.

"Kami siap melakukan hal itu jika kolega kami AS siap melakukan hal yang sama. ... Mari kita coba dan lihat apa yang akan terjadi."

Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia serukan Suriah kembali ke Liga Arab
Baca juga: Ternyata Rusia dan AS "main mata" di Suriah
Baca juga: Rusia ingatkan AS jangan bermain api di Suriah

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019