Saat ini masih tinggal sekitar 10 persen jalan rusak belum diperbaiki...
Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menargetkan perbaikan jalur mudik khusus jalan utama di daerah itu rampung pada H-3 Lebaran.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam, Hermon Triyoga di Lubukbasung, Sumatera Barat, Minggu, megatakan perbaikan kerusakan jalan yang akan dilintasi pemudik telah dilakukan sejak beberapa minggu lalu.

"Saat ini masih tinggal sekitar 10 persen jalan rusak belum diperbaiki dari panjang jalan kabupaten 16.904 kilometer dan ditargetkan selesai H-3 lebaran," katanya.

Jalan yang diperbaiki itu merupakan jalan kabupaten yang sering dilalui kendaraan untuk menghubungkan antar-nagari atau desa adat dan antar-kecamatan.

Sementara dana perbaikan jalan itu menggunakan APBD 2019 melalui rehab rutin dengan anggaran Rp200 juta.

"Dengan anggaran itu, kami hanya bisa memperbaiki jalan utama di 16 kecamatan," kata Hermon.

Untuk jalan provinsi yang melintasi kabupaten itu, tambahnya, sedang dilakukan perbaikan oleh Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang, dan Pemukiman Sumatera Barat.

Khusus jalan Simpang Gudang Kecamatan Lubukbasung menuju Kecamatan Matur, perbaikan sudah selesai.

Tinggal perbaikan ruas jalan di Kecamatan Ampekkoto dan beberapa hari ke depan sudah selesai diperbaiki.

"Beberapa hari lagi jalan provinsi sudah rampung diperbaiki. Perbaikan setiap ruas itu berbeda penanggung jawabnya," kata Hermon.

Perbaikan jalan itu diharapkan mampu memberikan kenyamanan bagi pemudik saat melewati daerah itu.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019