Layanan Kantor Pos Ambon meningkat 15 Persen

Layanan Kantor Pos Ambon meningkat 15 Persen

Logo Pos Indonesia (Foto Antaranews.com)

Ambon (ANTARA) - Layanan paket, surat dan uang di kantor Pos Ambon mengalami peningkatan mencapai 15 persen menjelang hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Mendekati hari raya mulai terjadi peningkatan pengiriman paket, surat maupun uang sebesar 15 persen dibandingkan hari biasa," kata Kepala Kantor Pos Ambon, Muhammad Adam di Ambon, Rabu.

Ia menambahkan, volume pengiriman maupun penerimaan paket, surat dan keuangan mengalami peningkatan, melalui jasa angkutan udara maupun kapal laut.

Kenaikan layanan terjadi bervariasi berupa pengiriman paket pakaian, jenis makanan ringan dan perlengkapan lebaran, terutama untuk paket pengiriman bagi keluarga di rantau. Selain itu juga penerimaan paket dari luar ke provinsi Maluku.

Ia mengakui, penerimaan paket yang terbesar didominasi paket belanja "online" masyarakat, yang saat ini semakin meningkat seiring perkembangan teknologi untuk belanja "online".

"Paket belanja online yang paling mendominasi,karena warga sudah mengikuti tren perkembangan teknologi belanja online yang semakin menjamur," ujarnya.

Sedangkan untuk jasa keuangan, pengiriman uang juga meningkat dari dalam maupun luar negeri.

Menurutnya, pihaknya melakukan antisipasi dengan menyiapkan sumber daya manusia untuk kegiatan operasional, mulai dari proses pengangkutan, sortir hingga distribusi transportasi ke bandara.

Pihaknya berupaya agar seluruh paket kiriman di Ambon dapat diantarkan ke masyarakat. Sedangkan paket yang akan dikirim ke cabang lainnya di kabupaten dan kota di Maluku akan disesuaikan operasi sarana transportasi ke tujuan.

"Kami berupaya agar seluruh kiriman dapat didistribusikan kepada pelanggan sebelum hari raya, sementara untuk cabang akan dilakukan proses lanjutan disesuaikan transportasi ke cabang lainnya," ujarnya.

Ia menambahkan, antisipasi lonjakan pengiriman barang yang menggunakan jasa Pos, layanan dibuka hingga pukul 20.00 WIT, agar tidak terjadi keterlambatan pengiriman.

"Hari Minggu juga kita buka layanan bagi masyarakat yang akan melakukan transaksi di kantor pos," tambah Adam.
 
Pewarta : Penina Fiolana Mayaut
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019