BI Papua Barat siapkan Rp400 miliar untuk Idul Fitri

BI Papua Barat siapkan Rp400 miliar untuk Idul Fitri

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat Donny Heatubun (Foto/Antaranews Papua Barat/toyib) (Foto/Antaranews Papua Barat/toyib/)

Manokwari (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menyiapkan sebanyak Rp 400 miliar untuk mencukupi kebutuhan peredaran uang menjelang hari raya Idul Fitri di Papua Barat

Kepala Perwakilan BI Perwakilan Provinsi Papua Barat, Donny Heatubun di Manokwari, Rabu, mengatakan pada Ramadhan tahun ini pihaknya membuka layanan penukaran uang di sejumlah kabupaten/kota. Masyarakat dipersilahkan menukar uang lusuh yang tak layak edar pada mobil kas keliling yang disiapkan.

"Layanan ini dibuka melalui kas keliling di Manokwari, maupun kas titipan BI di Bank Papua Teluk Bintuni dan BNI Kabupaten Sorong, Teluk Wondama, Raja Ampat, Sorong Selatan," kata dia.

Pihaknya pun akan membuka layanan penukaran di halaman kantor Bank Indonesia di Manokwari, serta sejumlah kantor perbankan di wilayah perkotaan.

Pelayanan kas keliling di Manokwari dibuka pada pukul 09.00-12.00 WIT, yakni 16 Mei di Hadi Swalayan, 21 Mei di Pasar Sanggeng dan Pasar Wosi Manokwari, 22 Mei di kompleks perkantoran Arfai, 23 Mei di Hadi Swalayan dan 24 Mei di Pasar SP3 Prafi.

"Di halaman kantor Bank Indonesia akan akan kami buka pada 27 sampai dengan 29 Mei 2019," katanya lagi.

Dia mengatakan kebutuhan fisik uang untuk Lebaran tak perlu dikuatirkan.

‘’Bagi yang membutuhkan silakan melakukan penukaran uang pada tempat-tempat yang telah disiapkan. Kami jamin kebutuhan uang akan terpenuhi,’’ tuturnya.

Menjelang hari raya, kata Donny menambahkan, BI juga mengantisipasi peredaran uang palsu. Ia berharap kasus peredaran uang palsu di Papua Barat tidak separah wilayah Jawa.

Baca juga: Pertamina Maluku - Papua bentuk Satgas Ramadhan

Baca juga: Stok beras 40.652 ton, Bulog Papua-Papua Barat: Cukup untuk 3,4 bulan
Pewarta : Toyiban
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019