Personel pengamanan KPU siaga sambut kepulangan massa aksi 22 Mei

Personel pengamanan KPU siaga sambut kepulangan massa aksi 22 Mei

Sejumlah personel kepolisian berjaga di depan kantor KPU, Jakarta, Senin (20/5/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp/aa

Jakarta (ANTARA) - Sekitar 1.058 personel gabungan dari Satuan Brimob Mabes Polri, TNI, pemda, dan unsur lain yang bertugas di sekitar Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersiaga mengantiasipasi potensi gangguan kamtibmas menjelang kepulangan massa aksi 22 Mei dari Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rabu malam.

Personel gabungan bersenjata lengkap dikerahkan untuk bersiaga di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, dengan membentuk barisan pengamanan di depan Gedung KPU RI.

Personel berbaris membentuk beberapa lapisan pengamanan yang menghadap ke arah Simpang KPU RI di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, sejak pukul 21.00 WIB.

Pada lapisan pertama ditempati oleh personel dari satuan Sabhara Polda Metro Jaya berjumlah sekitar 446 personel, pada lapisan kedua ditempati oleh Satuan Brimob Mabes Polri sebanyak 300 personel.

Ratusan petugas kepolisian berpakaian bebas juga disebar ke sejumlah titik persimpangan jalan untuk memantau keamanan di sekitar kawasan Menteng.

Beberapa personel TNI juga tampak mengawasi situasi di sepanjang Jalan HOS Cokroaminoto hingga Jalan Pangeran Diponegoro.

"Sesuai dengan arahan apel tadi, pergerakan massa aksi 22 Mei belum bisa dipetakan, namun beberapa dari mereka dikabarkan ada yang akan mengarah menuju Taman Suropati malam ini," ujar salah satu petugas kepolisian dari Satuan Sabhara, Iptu Sulistya.

Polisi juga mempertebal pengamanan kantor KPU RI dengan menempatkan tiga unit kendaraan "water canon" yang mengarah ke Simpang KPU RI di Jalan HOS Cokroaminoto.

Barier berbahan beton serta dibalut dengan kawat berduri masih terpasang menutup lintasan di Jalan Imam Bonjol dari lalu lalang masyarakat umum.
Pewarta : Sigit Pinardi dan Andi Firdaus
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019