Dubai (ANTARA) - Uni Emirat Arab (UAE) mengatakan, pada Rabu, partisipasi beberapa negara dalam penyelidikan atas serangan tanker-tanker minyak pekan lalu di lepas pantainya akan mendukung "ketakberpihakan dan transparansi" temuan. 

Negara di Teluk Arab itu belum menyalahkan pihak yang melakukan sabotase atas empat kapal, termasuk dua tanker Arab Saudi, tetapi seorang pejabat UAE telah mengatakan Abu Dhabi mencemaskan perilaku Iran di kawasan itu.

"Keinginan mitra-mitra internasional kami untuk ikut serta dalam penyelidikan dan usaha-usaha bersama mendukung ketakberpihakan dan transparansi dalam penyelidikan," kata Kementerian Luar Negeri UAE dalam pernyataan, yang diberitakan kantor berita WAM.

Sumber-sumber Amerika Serikat mengatakan kepada Reuters bahwa mereka meyakini kelompok Houthi di Yaman, yang bersekutu Iran atau milisi Syiah yang berkedudukan di Irak, melancarkan operasi tersebut.

Teheran tidak mau melibatkan diri dalam masalah soal serangan itu, yang terjadi pada saat Iran dan AS berselisih mengenai sanksi-sanksi dan kehadiran militer AS di kawasan Teluk.

Pernyataan Kemenlu UAE itu menyambut baik partisipasi beberapa negara "bersahabat" dalam investigasi tersebut, tetapi tidak menyebutkan nama-namanya. Jadwal pelaksanaan penyelidikan belum disebutkan, hanya menyatakan bahwa penyelidikan akan memakan waktu.

Para pejabat UAE mengatakan AS dan Prancis, yang memiliki pangkalan angkatan laut di Abu Dhabi, ikut  dalam investigasi, demikian pula dengan Arab Saudi dan Norwegia.


Sumber: Reuters

Baca juga: Harga minyak jatuh pasca-serangan tanker minyak Arab Saudi
Baca juga: Prancis: Serangan instalasi minyak Saudi tak dapat diterima

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019