Garut siagakan alat berat di jalur mudik

Garut siagakan alat berat di jalur mudik

Arsip Foto. Lalu lintas kendaraan di Kampung Lewo, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (22/6/2017). (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut di Jawa Barat telah menyiagakan alat berat guna mengantisipasi kemungkinan jalur mudik terkena dampak bencana tanah longsor.

"Kita siapkan alat berat di jalur mudik selatan ini, berikut sama petugasnya yang akan bergerak jika terjadi bencana longsor," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Jumat.

Alat berat, menurut dia, di antaranya disiagakan di wilayah Malangbong yang merupakan jalur utama mudik dari Bandung menuju Tasikmalaya maupun sebaliknya.

Pemerintah juga menyiapkan alat berat di wilayah selatan Garut untuk mendukung upaya penanganan gangguan akibat bencana alam di wilayah Cisompet, Bungbulang, Cisewu dan Talegong.

"Alat berat yang disiagakan di jalur mudik itu untuk memudahkan petugas mengatasi hambatan jalur akibat bencana longsor," kata Rudy.

Ia menambahkan dinas-dinas terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Kesehatan, Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga siap siaga 24 jam selama masa mudik.

Bupati berharap seluruh jajaran petugas di lapangan dapat bergerak cepat apabila ada gangguan maupun hambatan lalu lintas kendaraan.

"Saya berharap musim mudik tahun ini berjalan lancar, masyarakat Garut yang mudik bisa nyaman dan aman di perjalanan," katanya.

Baca juga:
Bekasi petakan potensi kemacetan di Jalur Pantura
Tangerang percepat penyelesaian perbaikan jalur mudik
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019