Madina (ANTARA) - Bagi masyarakat yang berencana untuk mudik melewati Jalan Lintas Sumatera di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, diimbau untuk mewaspadai sejumlah kerawanan yang mungkin terjadi.

Kasat Lantas Polres Mandailing Natal, AKP. Herliandri di Panyabungan, Sabtu, mengatakan, terdapat sejumlah titik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah itu yang rawan, baik rawan kemacetan, kecelakaan maupun longsor.

Daerah-daerah yang tergolong rawan tersebut berada di Jalan Panyabungan - Padang Sidempuan, Jalan Panyabungan-Sumbar, Jalan Panyabungan - Natal dan jalan Panyabungan - Batahan.

Untuk jalan rawan macet terdapat 16 titik yakni pekan Sihepeng, pekan Simangambat Kecamatan Siabu, pekan Bukit Malintang, pekan Mompang, pekan Panyabungan, Pekan Maga, Pekan Laru, Kotanopan, Muara Sipongi, Bangkelang, Tarlola, Simpang Gambir, Sinunukan dan Pekan Natal.

"Kemacetan ini diakibatkan oleh adanya pedagang kaki lima yang menggelar barang dagangannya di badan jalan, Betor parkir sembarangan dan angkot menaikkan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat," katanya.

Sedangkan daerah rawan kecelakaan lalulintas (laka) ada di jalan umum KM 11-14 jurusan Panyabungan - padang Sidempuan di desa Malintang, jalan umum KM 07- 08 jurusan Panyabungan - Kotanopan tepatnya di Desa Parbangunan. Jalan umum KM 31- 32 jurusan Panyabungan - Padang Sidempuan tepatnya desa Simangambat.

"Pada jalan rawan laka ini disebabkan oleh jalan yang sempit dan tidak adanya penerangan, kurangnya rambu jalan dan juga berada di kawasan pemukiman," ujarnya.

Sementara untuk rawan banjir berada di jalan umum pantai barat jurusan Panyabungan Natal tepatnya di Desa Patiluban Mudik, Desa Belimbing, Kampung Sawah.

Sedangkan untuk jalan longsor terdapat 10 titik, yakni jalan lintas barat KM 20-23 jurusan Panyabungan - Natal tepatnya di Desa Sitinjak, KM 40 - 43 Desa Tarlola, KM 75-76 Desa Rantosore, Jalan umum KM 10-11 jurusan Kotanopan - Hutapungkut di Desa Tolang, jalan Panyabungan - Muarasipongi di Muaramais dan Desa HutHutadangka

Kemudian jalan umum jurusan Panyabungan - Sumatera Barat Desa Botung dan Desa Tanjung Alai Kecamatan Muarasipongi.


Baca juga: Pemudik diimbau waspada tiga titik rawan di Jembatan Merah-Lingga Bayu

Baca juga: Warga berswadaya tambal jalur mudik berlubang di Sumut

Pewarta: Juraidi dan Holik
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019