Jakarta (ANTARA) - Setelah pembatasan akses ke media sosial resmi dicabut pada Sabtu siang, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berpesan kepada warganet agar menggunakan Internet untuk hal-hal yang positif.

"Saya mengajak semua masyarakat pengguna media sosial, pesan instan maupun berbagi video untuk senantiasa menjaga dunia maya Indonesia digunakan untuk hal-hal yang positif," kata Rudiantara melalui pesan singkat kepada wartawan, yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Pemerintah cabut pembatasan medsos pada Sabtu

Pembatasan mulai berlaku sejak Rabu (22/5) menyusul kericuhan yang terjadi di beberapa lokasi di Jakarta.

"Situasi sudah kondusif sehingga pembatasan akses fitur video dan gambar pada media sosial dan pesan instan difungsikan kembali," kata Menkominfo.

Kominfo memperkirakan akses ke media sosial dan pesan instan akan sepenuhnya normal, antara pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

Tidak hanya menyebarkan konten positif, Rudiantara juga meminta warganet untuk memerangi hoaks dan informasi yang dapat menimbulkan provokasi.

"Ayo, kita perangi hoax, fitnah dan informasi-informasi yang memprovokasi seperti yang banyak beredar saat kerusuhan," ujarnya.

Baca juga: Akses media sosial pulih sepenuhnya
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019