30 personel Tagana Kabupaten Bangka dukung pengamanan Lebaran

30 personel Tagana Kabupaten Bangka dukung pengamanan Lebaran

Tim Tagana mengikuti apel Operasi Ketupat Menumbing 2019. (ANTARA/Kasmono)

Sungailiat, Bangka Belitung (ANTARA) - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan 30 personel untuk membantu pengamanan Lebaran 2019 di pos imbangan sejumlah pantai di daerah itu.

"Hanya bertugas membantu pengamanan dan pengawasan di pos imbangan di sejumlah tempat yang disediakan oleh pihak kepolisian," kata Wakil Koordinator Tagana Kabupaten Bangka Imron di Sungailiat, Selasa.

Sebagaimana pengalaman setiap tahun, kata dia, Tagana bekerja sesuai dengan tugasnya, membantu pihak terkait dalam hal penjagaan dan pelayanan bagi pengunjung pantai.

"Kami melakukan tugas relawan penjagaan mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 10 Juni 2019 atau setelah ditetapkan gelar Operasi Menumbing oleh pihak kepolisian Polres Bangka," kata dia.

Dia mengatakan pengalaman tahun sebelumnya jumlah pengunjung pantai atau objek wisata yang tersebar di sejumlah tepat dipastikan mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan hari biasa.

"Kami akan mengatur penjadwalan giliran bagi personel yang melakukan bantuan penjagaan di pos imbangan yang ada di pantai guna memberikan kesempatan bergantian," kata dia.

Tagana memiliki peran dominan dalam masalah penanganan bencana alam, akan tetapi juga mempunyai tugas membantu pemerintah daerah maupun pihak terkait lainnya, seperti kepolisian dalam hal penjagaan di pantai.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait dalam rangka pelaksanaan bantuan sosial kemasyarakatan," kata dia.
 
Pewarta : Kasmono
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019