Jambi (ANTARA) - Tim Satuan tugas (Satgas) pangan Kepolisian daerah (Polda) Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Jambi untuk memantau dan melihat langsung harga dan pasokan daging yang dijual pasar.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga daging ditingkat pedagang dan mengantisipasi penjualan daging oplosan pada pasar tradisional yang ada di Kota Jambi seperti pasar Angso Duo, Talang Bajar, Keluarga dan lainnya," kata Kanit Indagsi Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Jambi, Kompol Ridwan Jason Hutagaol, di Jambi Rabu.

Tim Satgas Polda sidak langsung ke penjual daging yang ada di Kota Jambi hal ini dilakukan agar mendapatkan pasti terkait harga dan permintaan konsumen terhadap daging menjelang lebaran tahun ini. Kemudian langkah ini juga sebagai upaya antisipasi adanya penjualan daging oplosan atau daging campuran antara daging segar dengan daging beku.

Tim juga memantau langsung kondisi daging yang dijual pedagang di Pasar Angso Duo Jambi serta beberapa pasar tradisional lainnya yang ada di Kota Jambi dimana biasanya mendekati perayaan hari raya Idul Fitri harga daging pasti merangkak naik dan diperkirakan akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

Dari pantauan Tim Satgas Polda Jambi tersebut kondisi harga daging segar masih dalam batas harga normal atau berkisar antara Rp120.000 per kilogram yang dijual para pedagang daging di beberapa pasar tradisional tersebut, kata Jason Hutagaol.

Namun dengan meningkatnya peminat pembeli menjelang lebaran nanti, tim satgas juga memperingatkan kepada penjual daging untuk tidak melakukan oplosan atau mencampur daging segar dengan daging beku karena hal tersebut dapat mengurangi kualitas daging.

Jason mengatakan, apabila ditemukan masih terdapat penjual yang melakukan oplosan diharapkan lapora ke polisi agar anggota kepolisian akan langsung melakukan tindakan tegas sesuai dengan undang undang konsumen dengan hukuman penjara 5 tahun penjara.

Tim satgas pangan Polda Jambi juga akan terus berkoodinasi dengan para pemasok daging segar yang ada di Kota Jambi serta dengan instasi terkait lainnya agar bisa tetap menstabilkan harga daging sapi ditingkat pedagang di pasar tradisional yang ada di Kota Jambi terutama menjelang Lebaran nanti agar harga daging tidak melonjak tinggi dari harga saat ini.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019