Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan gerbong kereta api untuk mengangkut sepeda motor secara gratis milik penumpang kereta api yang mudik pada musim Lebaran 2019 guna mengurangi kemacetan.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, melalui Humas PT KAI Mahendro, kepada ANTARA di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya telah menyediakan gerbong untuk mengangkut sebanyak 1.392 motor per hari atau 18.096 motor selama 13 hari, pada periode 27 Mei-2 Juni dan 8-13 Juni 2019.

"Setiap harinya akan ada tiga jadwal pemberangkatan kereta yang mengangkut sepeda motor," katanya.

Ia menyebutkan terdapat tiga relasi perjalanan yang melayani angkutan sepeda motor secara gratis ini.
Relasi pertama, dari Stasiun Jakarta Gudang, Jakarta Utara, menuju Stasiun Surabaya Pasarturi, Jawa Timur melalui lintas utara melewati Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan (Jawa Barat), Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu (Jawa Tengah), Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasarturi.

Relasi kedua, menempuh lintas selatan I, dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong (Jawa Barat), Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, dan Stasiun Kutoarjo (Jawa Tengah).

Relasi ketiga, melayani perjalanan sepanjang lintas selatan II, dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan (Jawa Barat), Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo (Jawa Tengah), Stasiun Lempuyangan (DI Yogyakarta), Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari (Jawa Tengah), Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, dan Stasiun Surabaya Pasarturi (Jawa Timur).

PT KAI menyediakan 58.088 tempat duduk penumpang gratis bagi para pendaftar angkutan sepeda motor gratis, yang terbagi atas 32.436 tempat duduk selama arus mudik dan untuk arus balik sebanyak 25.652 tempat duduk.

Untuk mendapatkan layanan gratis tersebut, calon penumpang dapat terlebih dahulu mendaftar secara daring di laman mudikgratis.dephub.go.id atau menghubungi Contact Center Kemenhub di 151. Formulir pendaftaran itu kemudian diserahkan ke petugas di Stasiun Jakarta Gudang, Jakarta Utara.
Jejeran sepeda motor yang sudah dikemas untuk diangkut menggunakan kereta barang di Stasiun Jakarta Gudang, Jakarta Utara, Rabu (29/5/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Setiap pendaftar hanya bisa mendaftarkan satu unit sepeda motor. Setelah mendapatkan persetujuan, pendaftar juga mendapatkan maksimal tiga tempat duduk gratis bagi pendaftar dan keluarganya.
Sejak tahun 2014, PT KAI telah memberikan layanan untuk mengangkut sepeda motor gratis bagi para pemudik yang menumpang kereta api.
Yudi Ariadi, salah seorang pemudik yang baru pertama kali mengikuti program angkutan sepeda motor gratis, mengaku merasa senang dengan adanya kemudahan ini.
"Program ini sangat bagus untuk mengurangi tingkat kecelakaan karena kebanyakan pemudik motor sering kelebihan muatan," kata ayah satu anak ini saat ditemui di Stasiun Jakarta Gudang.
Pria berusia 36 tahun yang merantau di Jakarta itu mendapatkan satu tiket gratis tujuan Yogyakarta untuk pulang ke kampung halaman.
Kegembiraan serupa juga diungkapkan oleh Domas Fuji Lestari, seorang mahasiswi yang mendapatkan fasilitas serupa untuk mudik ke Madiun.
Domas sama sekali tidak mengeluarkan biaya karena pengiriman kendaraan dan tiket penumpang sudah ditanggung oleh pemerintah.
"Kendaraan saya dikirim Kamis (30/5) sedangkan saya berangkat ke Madiun Jumat (31/5), untuk tiket penumpang sudah satu paket dengan tiket kendaraan," kata dia.

Pewarta: Satyagraha dan Nova Wahyudi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019