Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Jenazah mantan Menteri Agama era Presiden Abdurrachman Wahid (Gus Dur) KH Tolchah Hasan (83) yang tutup usia pada Rabu (29/5) pukul 14.10 WIB akan dimakamkan di makam keluarga Pondok Pesantren Bungkuk, Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menantu Alm. KH Tolchah Hasan, Dr Hardadi Arilangga ditemui di rumah duka di Singosari, Kabupaten Malang, mengatakan bahwa almarhum rencananya akan dimakamkan pukul 20.00 WIB usai Shalat Tarawih.

“Almarhum dirawat sudah sejak 12 Mei 2019, akan dimakamkan di makam keluarga Pondok Pesantren Bungkuk,” kata Hardadi.

Almarhum dirawat kurang lebih selama dua minggu di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. Jenazah KH Tolchah dibawa ke Universitas Islam Malang (Unisma), dan dishalatkan di Masjid Sabilillah, Kota Malang.

Di rumah duka, terlihat Wali Kota Malang Sutiaji dan Plt Bupati Malang Sanusi, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum.

KH Tolchah Hasan dilahirkan di Tuban, Jawa Timur, pada 1963 dan merupakan tokoh multidimensi, yakni sebagai ulama, tokoh pendidikan, pegiat organisasi, dan juga merupakan tokoh yang aktif di pemerintahan.

Almarhum merupakan Menteri Agama pada Kabinet Persatuan Nasional, era KH Abdurrachman Wahid atau Gus Dur. KH Tolchah Hasan dikabarkan dirawat di rumah sakit sejak pertengahan Mei 2019.

KH Tolchah Hasan meninggalkan seorang istri, tiga orang anak, dan empat cucu, yang saat ini tinggal di Singosari, Kabupaten Malang. Kiai Tolchah pernah menduduki posisi Mustasyar PBNU dan sebelumnya menjabat sebagai Rektor Universitas Merdeka Malang hingga 1998.

Selain itu, KH Tolchah Hasan juga sebagai Dewan Pembina Yayasan Universitas Islam Malang (Unisma) hingga saat ini.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019