SPBU motoris beraksi jika terjadi kemacetan dan pemudik kehabisan BBM. Mereka akan menghantarkan BBM kemasan Pertamax dan Dexlite langsung ke lokasi kendaraan pemudik
Pekanbaru (ANTARA) - Satuan tugas Ramadhan dan Idul Fitri (satgas Rafi) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Cabang Riau, menyiapkan tiga SPBU motoris dan satu SPBU kantong untuk mengantisipasi kemacetan dan lonjakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di jalur mudik Riau.

Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo, menjelaskan SPBU motoris 
Itu disiagakan untuk mengantisipasi kemacetan.

"SPBU motoris beraksi jika terjadi kemacetan dan pemudik kehabisan BBM. Mereka akan menghantarkan BBM kemasan Pertamax dan Dexlite langsung ke lokasi kendaraan pemudik," kata Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo, kepada Antara di Pekanbaru, Minggu.

Roby merinci tiga SPBU motoris yang disiagakan yakni di SPBU 14284631 Rantau Berangin, SPBU 14284653 Rimbo Panjang dan SPBU 14287665 Muara Basung. Masing-masing dengan kapasitas Pertamax dan Dexlite kemasan sebanyak 30 liter.

"Kami mencatat peningkatan konsumsi yang signifikan terjadi di jalur menuju Sumatera Barat. Oleh karenanya satu SPBU kantong disiagakan di SPBU 14284657 Rimbo Panjang mulai Sabtu 1 April," lanjut Roby.

Kemudian terusnya, SPBU kantong ini memiliki kapasitas Premium sebanyak 16.000 liter. Dengan tersedianya SPBU kantong ini akan menambah stok Premium di SPBU menjadi total 46.000 liter.

Semenjak 1 hingga 30 Mei 2019, tercatat peningkatan penyaluran Premium di Riau sebesar tiga persen atau 2,17 juta liter per hari. Angka ini meningkat dibanding konsumsi rata-rata normal sebesar 2,10 juta liter per hari. Sehingga sejak awal Mei, total telah disalurkan 65,14 juta liter premium.

Peningkatan juga dialami Biosolar, sebesar dua persen atau 2,17 juta liter per hari. Meningkat dibandingkan rata-rata konsumsi normal 2,14 juta liter per hari. Adapun konsumsi Dexlite turut terkerek naik sebanyak 16.000 liter per hari. Ini meningkat 14 persen, dibanding rata-rata konsumsi normal 14.000 liter per hari.

Di samping menjaga ketersediaan BBM, Pertamina MOR I Cabang Riau juga meningkatkan layanan kepada konsumen. Melalui program bedah mushala, dilakukan perbaikan sarana maupun perlengkapan ibadah di SPBU jalur mudik. Tiga mushalla di SPBU Pasar Kampar, SPBU Rantau Berangin dan SPBU jalur lintas Dumai - Duri telah dipercantik.

Pewarta: Vera Lusiana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019