..peningkatan jumlah pengunjung akan terus berlangsung hingga puncaknya pada H+1 Lebaran.
Yogyakarta (ANTARA) - Jumlah pengunjung di Monumen Jogja Kembali (Monjali) di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarya mulai meningkat pada Minggu atau memasuki H-3 Lebaran 2019.

"Hari ini mulai ada peningkatan jika dbandingkan dengan awal bulan puasa. Biasanya pemudik sudah mulai berdatangan," kata Kepala Pemandu dan Pemasaran Monumen Jogja Kembali, Abdul Rauf di Yogyakarta, Minggu.

Rauf menyebutkan hingga Minggu siang, pengunjung di museum sejarah perjuangan di Yogyakarta itu mencapai 500 orang yang sebagian besar merupakan pengunjung kategori keluarga.

"Jauh meningkat kalau dibandingkan awal-awal puasa yang rata-rata hanya mencapai angka puluhan per hari," kata dia.

Ia meyakini peningkatan jumlah pengunjung akan terus berlangsung hingga puncaknya pada H+1 Lebaran. Saat Lebaran, pengunjung di museum itu bisa mencapai 1.000 hingga 1.500 orang per hari.

Adapun tarif tiket masuk Monjali hingga saat ini belum ada kenaikan atau masih tetap Rp10.000 per orang, baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dia menyebutkan jumlah koleksi benda bersejarah yang ada di Monjali hingga saat ini belum ada penambahan, yakni sekitar 1.000 koleksi.

Berbagai koleksi itu termasuk diorama andalan yang secara keseluruhan menggambarkan situasi saat perang kemerdekaan sekitar 1945-1949 hingga Yogyakarta menjadi Ibu Kota Republik Indonesia.

Baca juga: DIY andalkan destinasi wisata alam sambut libur Lebaran 2019
Baca juga: Yogyakarta gencarkan wisata melalui promosi dialog

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019