Belanjalah sesuai kebutuhan, jangan berlebihan agar teman-teman yang lain juga kebagian
Tebing Tinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tebing Tinggi, Sumatera Utara, melakukan operasi pasar selama dua hari pada Senin hingga Selasa (3-4/6) yang dipusatkan di Lapangan Merdeka dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Wali Kota Tebing Tinggi Uma Zunaidi, Senin, mengatakan, operasi pasar dilakukan untuk penjualan berbagai kebutuhan pokok di antaranya beras, daging beku, gula pasir, minyak goreng, tepung, cabai merah, dan bawang, yang umumnya dijual dengan harga di bawah pasaran.

Harga daging beku, misalnya, dijual Rp80.000 per kilogram, sementara di pasar sudah mencapai harga Rp100.000 per kilogram. Cabai merah dijual dengan harga Rp68.000 per kilogram, di bawah harga pasar sudah mencapai Rp80.000-Rp90.000 per kilogram, demikian pula dengan bawang putih dijual dengan harga Rp36.000 per kilogram, sementara di pasar harganya berkisar Rp40.000-Rp.50.000 per kilogram.

"Kami harapkan ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri," katanya.

Uma Zunaido juga menyampaikan harapan kepada warga untuk benar-benar memanfaatkan operasi pasar tersebut dengan sebaiknya dan tidak berdesak-desakan.

"Belanjalah sesuai kebutuhan, jangan berlebihan agar teman-teman yang lain juga kebagian, karena bahan yang tersedia terbatas," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tebing Tinggi Marimbun Marpaung mengatakan pihaknya ikut serta dalam operasi pasar untuk menjual berbagai kebutuhan demi memenuhi harapan masyarakat Tebing Tinggi.

"Khususnya cabai merah dan bawang putih yang harganya relatif turun naik, dan kadang hampir tidak terjangkau," katanya.

Pemkot Tebing Tinggi, lanjut dia, berupaya dapat menjaga harga-harga kebutuhan pokok tersebut tetap stabil terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kami memahami cabai merah dan bawang putih di saat seperti ini banyak dibutuhkan masyarakat. Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini bermanfaat, dan yang pasti harganya selisihnya lebih murah dari harga di pasar," katanya.



 

Pewarta: Juraidi dan Dhani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019