Semuanya ada 10 gerobak sate dari pedagang kita dari Tanah Datar, dan satu gerobak sate dari pedagang Kota Padang Panjang. Jika dijumlahkan ada sekitar 5.000 porsi sate yang kita sediakan
Batusangkar, (ANTARA) - Ribuan warga Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat antusias menghadiri open house bupati setempat yang digelar di rumah dinasnya usai shalat Idul Fitri 1440 Hijriah untuk mencicipi ribuan porsi sate yang disuguhkan.

"Sudah menjadi tradisi setiap kali Lebaran tiba, saya mengundang seluruh masyarakat yang ingin bersilaturahim dan ikut perjamuan yang disediakan di sini," kata Bupati Tanah Datar,  Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Senin.

Menurutnya "open house" adalah wujud menyambung tali silaturahim antara pemerintah daerah dengan rakyat yang selama ini tidak sempat berjabat tangan dan bertegur sapa.

"Hanya melalui 'open house' ini semuanya bisa terlaksana, dengan saling bersalaman dan berfoto bersama sembari menyantap makanan yang telah dihidangkan," katanya.

Ia mengimbau melalui bulan yang fitri ini warga Tanah Datar kembali merajut silaturahim baik bersama keluarga, sahabat, maupun masyarakat yang sempat bersitegang pada pemilihan umum lalu.

"Saling memaafkan dan memperkuat persaudaraan, karena Idul Fitri adalah momentum marajut persaudaraan terutama setelah pemilu yang menimbulkan ketegangan politik," katanya.

Sementara Kabag Umum Tanah Datar Iskandar Sagita mengatakan sama dengan tahun sebelumnya, "open house" Bupati Tanah Datar dibuka setelah melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Warga yang mengikuti Ibadah shalat Id dipersilakan datang dan menikmati hidangan sate yang telah disediakan di gazebo Indo Jelito rumah dinas bupati.

Lebih kurang 4.000 porsi sate dari pedagang sate di Tanah Datar disiapkan dan 1.000 porsi sate dari pedagang sate asal Kota Padang Panjang.

"Semuanya ada 10 gerobak sate dari pedagang kita dari Tanah Datar, dan satu gerobak sate dari pedagang Kota Padang Panjang. Jika dijumlahkan ada sekitar 5.000 porsi sate yang kita sediakan," ujarnya.

Baca juga: Warga Tanah Datar pertahankan tradisi 'Malamang' jelang Lebaran

Baca juga: Tanah Datar siapkan 10 destinasi wisata sambut libur Lebaran

Baca juga: Tanah Datar siapkan empat festival meriahkan Lebaran

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019