Jakarta (ANTARA) - Tidak kurang dari 4.000 warga Indonesia di Mesir memadati halaman KBRI Kairo pada acara Halal Bihalal Idul Fitri 1 Syawal 1440 H yang diselenggarakan KBRI Kairo pada Rabu (5/6).

“Idul Fitri merupakan momentum untuk saling memaafkan dan merajut persatuan dan persaudaraan antara sesama warga bangsa yang saat ini sedang berada di perantauan di Mesir,” kata Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzi dalam keterangan tertulis, Kamis.

Setelah sebulan menjalankan ibadah puasa di Negeri Seribu Menara, masyarakat Indonesia di Mesir yang tidak berkesempatan mudik ke Tanah Air berkumpul di halaman kantor KBRI Kairo guna melakukan salat Id bersama dan berhalalbihalal.

Usai shalat, Dubes Helmy membuka kediaman di Wisma Duta KBRI Kairo untuk acara halal bihalal bagi masyarakat Indonesia di Mesir.

Baca juga: WNI di Mesir diimbau waspada menyusul teror bom di dekat Piramida Giza

Baca juga: Mahasiswi Indonesia meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan di Kairo


Lebaran kali ini merupakan ketiga kalinya bagi Dubes Helmy dan keluarga yang memulai penugasannya di Mesir pada 2016.

Pada setiap perayaan Lebaran, Dubes Helmy selalu mengajak masyarakat Indonesia di Mesir yang tak sempat mudik Lebaran ke Tanah Air untuk “mudik” berlebaran ke Wisma Duta.

“Mudik Lebaran merupakan tradisi yang patut dipelihara untuk senantiasa menyegarkan akar kultural dan mengingatkan dari mana kita berasal,” kata Dubes Helmy.

Hal yang sama diungkapkan Dwi Ria Latifa, istri Dubes Helmy.

Dwi Ria yang saat ini tercatat sebagai anggota DPR RI dari PDI-P, setiap Lebaran selalu menyempatkan diri berkunjung ke Mesir untuk mendampingi Dubes Helmy memberi suasana Lebaran bagi masyarakat Indonesia di Mesir.

"Berlebaran di Wisma Duta KBRI Kairo merupakan hal yg sangat dinantikan masyarakat Indonesia karena mereka merasa seperti mudik dan bisa bersilahturahim dengan kerabat dan sesama masyarakat Indonesia di Mesir," ujar Dwi Ria.

Dubes Helmy berupaya menghadirkan suasana Lebaran di Indonesia di KBRI Kairo sebagai Rumah Indonesia di Mesir. Hal ini ditunjukkan dengan adanya panggung hiburan dengan penampilan musik-musik Lebaran khas Indonesia yang dibawakan oleh para mahasiswa Indonesia yang belajar di Al Azhar serta pelajar dari Sekolah Indonesia Cairo.

Selain itu, masyarakat Indonesia yang hadir juga dapat mengobati kerinduan berlebaran di Tanah Air dengan menikmati hidangan khas Lebaran Indonesia yaitu ketupat lengkap dengan rendang, opor ayam, dan lontong sayur.

Kepada masyarakat Indonesia yang hadir, Dubes Helmy menekankan pentingnya pesan Lebaran untuk saling maaf memaafkan dan melupakan pertikaian serta merajut persatuan.

Ia berharap momentum Idul Fitri dapat memperkuat tali silaturahim, tali ukhuwah antara masyarakat Indonesia di Mesir.

Baca juga: Ratusan WNI ikuti halal bi halal di KBRI Beijing

Baca juga: WNI di Austria Shalat Ied di hari kerja

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019