Bandarlampung (ANTARA) - Arus balik Lebaran 2019 di Jalan Lintas Sumatra ruas Provinsi Lampung terpantau ramai kendaraan baik itu roda empat maupun roda dua.

Jalinsum yang merupakan salah satu akses ke Pelabuhan Bakauheni setelah tol ramai dilalui oleh kendaraan yang didominasi oleh kendaraan bermotor, Jumat, namun tetap lancar.

Pemudik yang ingin kembali ke pulau Jawa syarat dengan barang bawaan atau oleh-oleh khas Lampung seperti kerupuk ikan dan kripik pisang.

Salah satu pemudik bermotor asal Jatimulyo Provinsi Lampung yang ingin kembali ke Jakarta mengakui bahwa mengambil hari ini untuk pulang agar tidak terkena antrian panjang saat memasuki kapal.

"Takut aja kalo mengambil besok atau pas hari minggu terkena antrian panjang atau macet di jalan," jelasnya.

Menurut dia, karena hari Senin sudah masuk kerja kemungkinan pada hari Sabtu atau minggu akan ramai pemudik yang kembali ke Jakarta sehingga akan memakan waktu dan tenaga untuk dapat masuk ke kapal.

Sementara pemudik lainnya Debby asal dari Kota Metro Provinsi Lampung mengatakan mengambil hari untuk balik ke Tanggerang H+3 agar lebih santai saja di jalan tidak terburu-buru.

"Ini kita sama anak istri jadi lebih santai aja di perjlanan tidak ngebut-ngebut. Di sini juga saya sudah 20 harian karena mengambil cuti di kantor jadi paslah hari ini pulang," kata dia.

Ia juga mengakui apabila pulang ke Tanggerang dengan waktu yang mepet takut terkena kamacetan ataupun antrian yang panjang seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu arus kendaran di Jalinsum dari arah Pelabuhan Bakauheni ke Pulau Sumatra juga ramai akan kendaran yang melintas baik itu roda empat, dua dan bus dan masih terlihat juga mobil dan motor dengan plat A,B, dan melalui jalan tersebut.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019