Manado (ANTARA) - Jalur perdagangan Bitung-Davao-Vietnam akan dibuka dalam waktu dekat ini dan harus dimanfaatkan oleh para pedagang dan pengekspor di Sulawesi Utara (Sulut).

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan dalam waktu dekat akan kembali beroperasi jalur laut Bitung-Davao akan dibuka.

"Bahkan, jalur dagang tersebut akan tembus hingga  Vietnam," kata Olly di Manado, Senin.

Ia mengatakan rencana tanggal 17 Juni 2019 jalur dagang Bitung-Davao-Vietnam sudah bisa beroperasional kembali. Karena, sebelumnya pernah dibuka dan
ditutup.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw mengatakan jalur dagang Bitung-Davao-Vietnam akan segera dibuka.

"Sekarang akan dibuka dengan kapasitas lebih kecil 200 teus, saat ini lagi pembahasan rencana berangkat dari Davao tanggal 15 Juni 2019. Kemungkinan sampai di Bitungtanggal 17 Juni 2019," kata Jenny.

Jenny mengimbau para pengusaha lokal untuk memanfaatkan jalur dagang tersebut.

"Untuk saat ini kami sementara negosiasi tentang biaya angkut,” katanya.

Dia menjelaskan komoditi yang biasa dikirim ke Filipina, yaitu kopra dan jagung dan berbagai jenis buahan.

"Mudah-mudahan dengan adanya jalur dagang itu semakin membuka kesempatan pengusaha daerah untuk melakukan ekspor langsung ke luar negeri,” jelasnya.

Dengan jalur tersebut, katanya, selain memangkas waktu tempuh pastinya biaya angkutan juga lebih murah.

"Jalur perdagangan kita, sudah tidak perlu lagi lewat Jakarta atau Surabaya. Sudah bisa langsung ke luar negeri, mudah-mudahan itu bisa berjalan dengan baik," katanya.

 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019