Patung MH. Thamrin jadi spot foto warga rayakan HUT Jakarta di Monas

Patung MH. Thamrin jadi spot foto warga rayakan HUT Jakarta di Monas

Arsip Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo memukul gendang ketika meresmikan patung pahlawan Nasional MH Thamrin di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (3/6). Husni Thamrin adalah putra Betawi, lahir di Sawah Besar, merupakan sosok yang memiliki pemikiran visioner. Patung tersebut dikerjakan pemahat Ketut Dinarta yang menelan biaya Rp2 miliar. (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)

Jakarta (ANTARA) - Patung pahlawan nasional Mohammad Husni Thamrin yang terletak di persimpangan Jalan Medan Merdeka Selatan dengan Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, menjadi salah satu spot foto favorit warga yang datang ke kawasan Monas untuk merayakan HUT Jakarta ke-492.

"Ini saya baru tahu kalau ada patung pahlawan nasional di sini, jadi saya inisiatif ajak keluarga foto," ujar salah seorang warga, Ony, kepada ANTARA, Sabtu.

Ony mengatakan, awalnya dia mengira bahwa patung tersebut merupakan sosok Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Namun setelah melihat keterangan patung yang terpampang, dia baru mengetahui bahwa patung tersebut adalah wujud MH. Thamrin.

"Jujur saya baru tahu ini wajah MH. Thamrin. Tahunya cuma namanya saja," ucap pria warga Otista tersebut.

Lain lagi dengan, Wito. Pria asal Tangerang tersebut mengaku sengaja datang ke kawasan Monas untuk berfoto di depan ikon-ikon unik khas Jakarta.

Selain itu, dia juga ingin agar istri dan dua anaknya merasakan atmosfer keseruan puncak perayaan HUT Jakarta, yang dipusatkan di kawasan Bundaran HI dan Monas.

"Buat kenang-kenangan saja, sekalian merayakan HUT Jakarta," ucap Wito.

Berdasarkan pantauan di lapangan, antusiasme warga berfoto di depan patung MH. Thamrin cukup tinggi. Bahkan beberapa warga harus mengantri untuk menunggu giliran berfoto di depan patung yang diresmikan pada 2012 tersebut.

Patung MH. Thamrin diresmikan oleh Gubernur Fauzi Bowo, dalam rangka menyambut Hari Jadi Jakarta yang ke-485.

Patung hasil karya pematung Ketut Winata ini berbahan perunggu dan memiliki tinggi 4,5 meter.

Patung tersebut memperlihatkan sosok M.H. Thamrin yang berdiri tegak, mengenakan setelan jas lengkap dengan kopiah. Tangan kirinya memegang kertas, sedangkan tangan kanannya dibiarkan terbuka.

Baca juga: Jelang Malam Puncak HUT Jakarta, akses menuju Bundaran HI ditutup

Baca juga: Jelang perayaan HUT Jakarta, warga berfoto ria di Bundaran HI

Baca juga: Mau bersepeda gratis dengan "Gowes"? Begini caranya

 
Pewarta : Fathur Rohman
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019