Saya pastikan lagi bahwa pelaksanaan Harkopnas ada sebuah aplikasi yang akan memandu peserta menggunakan teknologi digital
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Mohamad Sukri mengatakan peranan aktif generasi milineal dan penerapan sistem digitalisasi akan memajukan seluruh koperasi di Tanah Air.

"Sesuai arahan Pak Menteri Koperasi, arahan pemerintah bahwa koperasi ke depan harus mempersiapkan diri dalam dua hal tersebut," kata dia, di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan selama ini pada umumnya koperasi di Tanah Air dikelola oleh kaum tua dan harus berani melakukan pergeseran kepada kaum milenial atau generasi muda. Tujuannya yaitu agar generasi milenial yang memiliki berbagai pemikiran dan gagasan tentang kemajuan koperasi dapat menuangkan ide kreatifnya.

"Oleh karena itu, kaum milenial harus segera disiapkan," kata Mohamad Sukri.

Kemudian, jika selama ini koperasi lebih banyak konvensional dalam menjalankan organisasinya, ke depan diharapkan bisa menerapkan sistem digital atau teknologi terbaru agar koperasi tidak terlalu tertinggal dengan kemajuan zaman.

Pelaksanaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pemerintah juga telah menerapkan sistem digitalisasi.

"Saya pastikan lagi bahwa pelaksanaan Harkopnas ada sebuah aplikasi yang akan memandu peserta menggunakan teknologi digital," katanya.

Ia menilai jika dua hal tersebut bisa diterapkan oleh seluruh koperasi di Tanah Air maka akan berdampak besar terhadap perekonomian bangsa.

Ketua Harkopnas 2019 Pahlevi Pangerang mengatakan pelaksanaan Harkopnas ke-72 akan memberikan kesempatan yang luas kepada kaum milenial. "Salah satunya Jambore Koperasi Milenial Industri 4.0," kata dia.

Kegiatan Harkopnas yang diwarnai nuansa milenial dan budaya lokal tersebut akan diikuti oleh 400 peserta terdiri dari 102 utusan 34 Dekopinwil, 105 utusan Dekopinda se-Jawa Tengah, 123 utusan koperasi mahasiswa dan pemuda, serta 70 peserta dari startup.

Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan hadir pada puncak Hari Koperasi Nasional

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019