Palembang (ANTARA) - Warga Polda Sumatera Selatan menyiapkan penyambutan kedatangan Kapolda Inspektur Jenderal Polisi Firli pengganti pejabat lama Irjen Pol Zulkarnain Adinegara yang dimutasi menjadi Kakorpolairud Baharkam Polri.

"Setelah dilakukan serah terima jabatan Kapolda Sumsel di Jakarta, rencananya Kamis (27/6) disiapkan upacara penyambutan dan serah terima jabatan tingkat polda serta acara kenal pamit," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, di Palembang, Selasa.

Pergantian jabatan merupakan hal biasa dalam suatu organisasi termasuk institusi kepolisian.

Kehadiran pejabat baru diharapkan bisa memberikan motivasi kerja yang lebih baik dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

Sedangkan prestasi kerja yang dicapai oleh pejabat lama diharapkan pula bisa menjadi inspirasi warga Polda Sumsel untuk memberikan pengabdian secara maksimal kepada institusi dan masyarakat, kata Kabid Humas.

Sementara Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Tito Karnavian melantik mantan Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Inspektur Jenderal Polisi Firli menjadi Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan.

Serah terima jabatan baru Irjen Pol. Firli di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (25/6)..

Firli menggantikan posisi Irjen Pol. Zulkarnain yang dimutasi menjadi Kakorpolairud Baharkam Polri.

"Kepada Irjen Pol. Firli, selamat datang kembali di kampung halaman ini, juga saya berikan apresiasi yang tinggi atas pengabdian dua tahun di lingkungan KPK sebagai deputi penindakan," ujar Tito.

Tito mengharapkan pengalaman Firli sebagai deputi penindakan di KPK dan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) dapat memberi warna baru bagi lingkungan wilayah Sumatera Selatan untuk menciptakan situasi keamanan lebih baik, terutama di akhir masa tahapan pemilihan umum.

"Pilkada akan lebih banyak lagi, ini paling tidak Pak Firli bisa memberikan platform, memberikan fondasi yang kuat di lingkungan Polda Sumsel," ujar Tito.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri juga mengapresiasi kinerja Irjen Pol. Zulkarnain dalam penyelenggaraan acara Asian Games, pilkada, agenda internasional, bahkan penurunan tensi kasus kejahatan begal di Sumsel.

Rotasi jabatan itu tertuang di dalam telegram rahasia Kapolri bernomor ST/1590/VI/KEP/2019 tertanggal 20 Juni 2019 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Inspektur Jenderal Pol Eko Indra Heri.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019