..festival ini juga bertujuan untuk memperkenalkan budaya yang sangat unik dan eksotik dari seluruh wilayah penunjang taman nasional dan taman wisata alam.
Jakarta (ANTARA) - Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam (FTNTWA) ke-3 akan digelar pada 19-21 Juli 2019 di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali.

"Ini adalah pagelaran ketiga kalinya setelah sukses dengan dua pagelaran sebelumnya di Banyuwangi dan Prambanan, Yogyakarta," kata ketua penyelenggara FTNTWA 2019 Dyan Syaheati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan FTNTWA merupakan salah satu rangkaian acara Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diikuti oleh taman-taman nasional dan juga taman wisata alam dari Sabang hingga Merauke.

“Dalam festival ini akan banyak disajikan objek-objek wisata yang unik, menantang, mengedukasi, dan memberikan pengalaman berbeda tanpa meninggalkan konsep pemanfaatan taman nasional sebagai pusat konservasi alam," kata Dyan Syaheati.

Dengan tema "Bijak berwisata alam", lanjutnya, FTNTWA 2019 bertujuan salah satunya mensosialisasikan ekowisata khususnya terkait keberadaan taman nasional, taman wisata alam, dan wisata alam lainnya, kepada masyarakat terutama generasi muda.

“Selain itu festival ini juga bertujuan untuk memperkenalkan budaya yang sangat unik dan eksotik dari seluruh wilayah penunjang taman nasional dan taman wisata alam serta mempromosikan potensi budaya lokalnya, flora dan fauna, kekayaan alam, juga kreatifitas masyarakatnya termasuk kerajinan tangan dan kuliner khas,” tambahnya.

Sebagai sarana untuk memperkenalkan mempromosikan wisata konservasi yang ada di Indonesia kepada masyarakat dunia, selama FTNTWA 2019 juga diselenggarakan beberapa kegiatan antara lain National Park Travel Fair, Farmtrip 2019, Festival Film Pendek Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, Talkshow Konservasi dan Tren Wisata Alam, Pameran Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, dan Festival Tari Budaya Nusantara.

FTNTWA juga, kata dia, diharapkan turut mendukung target percepatan kunjungan pariwisata sebanyak 20 juta wisatawan manca negara (wisman) dan 275 juta wisatawan Nusantara (Wisnus) pada 2019.

Baca juga: BPS: kunjungan wisatawan asing ke Bali turun 7,83 persen
Baca juga: Ubud dipersiapkan jadi destinasi wisata gastronomi standar dunia
Baca juga: Pemerintah diminta menyusun kebijakan terkait wisata petualangan
 

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019