Jakarta (ANTARA) - bahan kimia yang banyak digunakan sebagai antibakteri dalam sabun, pasta gigi, dan produk perawatan pribadi lainnya - lebih mungkin mengembangkan osteoporosis, menurut sebuah studi dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Triclosan, bahan kimia ini mengganggu endokrin dan telah dilarang Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) dalam beberapa tahun terakhir.

Peneliti mengklaim studi ini menjadi yang pertama menyelidiki hubungan antara paparan triclosan dengan kepadatan mineral tulang dan osteoporosis, demikian dilansir Indian Express, Kamis (27/6).

"Studi laboratorium telah menunjukkan triclosan mungkin berpotensi berdampak buruk terhadap kepadatan mineral tulang dalam garis sel atau pada hewan," kata Yingjun Li, Hangzhou Medical College School of Public Health di China.

"Namun, sedikit yang diketahui tentang hubungan antara triclosan dan kesehatan tulang manusia," kata Li.

Untuk keperluan studi, para peneliti menganalisis data dari 1.848 orang wanita agar bisa mengetahui hubungan antara triclosan dan kesehatan tulang.

Peneliti menemukan wanita dengan kadar triclosan yang lebih tinggi dalam urin mereka lebih cenderung memiliki masalah tulang.


Baca juga: Sering pegal? bisa jadi sinyal bahaya

Baca juga: Rutin bergerak cegah osteoporosis

Baca juga: Lakukan ini sebelum berusia 30

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019