Jakarta (ANTARA) - Anggota kepolisian menyisir Gedung KPU RI guna memastikan keamanan menjelang rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI yang dijadwalkan mulai pukul 14.30 WIB.

Pantauan ANTARA di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, anggota kepolisian melakukan sterilisasi di beberapa titik.

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf Amin dijadwalkan hadiri rapat pleno KPU Minggu besok

Dengan menggunakan alat deteksi logam, polisi menyisir tenda bagi awak media di halaman KPU sekitar pukul 14.00 WIB.

Awak media yang sejak pagi sudah bersiap untuk melakukan peliputan diminta untuk meninggalkan ruangan sejenak.

Awak media dan beberapa orang lainnya kemudian keluar hingga luar gedung, lalu mereka berkumpul di depan Kantor KPU RI.

Pada rapat pleno itu, KPU mengundang masing-masing pasangan calon serta timnya, partai politik, dan lembaga penyelenggara pemilu, seperti Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Baca juga: Prabowo tidak akan hadiri penetapan presiden dan wapres terpilih

Usai rapat penetapan pasangan calon terpilih, KPU akan memberikan kesempatan kepada masing-masing pasangan calon untuk melakukan konferensi pers dan memberikan sambutannya.

KPU menggelar kembali rapat pleno setelah MK memutuskan menolak gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang diajukan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (27/6) malam.

Pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin akan hadir di KPU, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno belum bisa dipastikan kehadirannya saat rapat pleno terbuka itu.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019