Jakarta (ANTARA) - Pemain Terbaik (MVP) NBA 2018/2019 Giannis Antetokounmpo bersama kedua saudaranya Thanasis dan Kostas mewarnai pemanggilan 18 pemain yang dipersiapkan tim nasional Yunani untuk mengarungi Piala Dunia FIBA 2019 di China pada 31 Agustus hingga 15 September, demikian dilansir laman resmi FIBA, Selasa.

Giannis, bintang Milwaukee Bucks yang mampu membawa tim itu merajai musim reguler NBA 2018/2019, lima tahun lalu juga tampil membela Yunani dalam Piala Dunia 2014 di Spanyol.

Pebasket berusia 24 tahun itu sebelumnya juga tampil untuk Yunani dalam Piala FIBA Eropa 2015 serta Kualifikasi Olimpiade 2016 di Torino, Italia, bersama sang kakak Thanasis.

Thanasis saat ini membela klub Yunani, Panathianikos, setelah kontraknya bersama New York Knicks usai direkrut sebagai pilihan ke-51 NBA Draft 2014 tak diperpanjang pada 2016.

Sedangkan Kostas, untuk pertama kalinya dipanggil mengikuti saringan timnas senior Yunani setelah sebelumnya ia membela negaranya dalam Kejuaraan Eropa U20 Divisi B 2016.

Kostas saat ini punya kontrak ganda di klub NBA Dallas Mavericks, namun lebih banyak dimainkan di tim cadangan mereka yang berkompetisi di NBA G-League, Texas Legends.

"Kami memutuskan untuk mengundang Kostas juga setelah mengikuti perkembangannya dan kami berharap banyak kepadanya. Kami pikir akan lebih bermanfaat jika ia merasakan atmosfer timnas lebih awal," kata pelatih kepala Yunani, Thanasis Skourtopoulos.

Selain tiga kakak beradik Antetokounmpo, Yunani juga mengundang satu pemain naturalisasi asal Amerika Serikat, Tyler Dorsey, yang punya kontrak ganda bersama Memphis Grizzlies dan membela tim G-League mereka, Memphis Hustle.

"Kami punya satu slot untuk pemain naturalisasi dan memilih Tyler Dorsey sebab ia memenuhi kebutuhan tim dan memperlihatkan tekad untuk bekerja keras bersama tim ini," ujar Skourtopoulos.

Baca juga: Nikola Jokic jadi sorotan dalam tim Serbia

Selain nama-nama mentereng itu, Giannis Borousis, pemain veteran yang menjadi tulang punggung Yunani dalam beberapa tahun terakhir serta fase kualifikasi Piala Dunia FIBA zona Eropa juga tetap dipanggil, bersama sejumlah pemain penting lainnya yakni Nick Calathes dan Kostas Papanikolau.

Calathes dan Papanikolau berperan penting saat mencetak poin dramatis dalam kemenangan atas Georgia di putaran kedua kualifikasi zona Eropa.

Pahlawan kemenangan lainnya dalam fase kualifikasi yang dipanggil adalah Giannis Athianaiou, yang mencetak poin kemenangan atas Britania Raya dalam putaran pertama.

Timnas Yunani yang berisikan 18 pemain tersebut dijadwalkan berkumpul pada 24 Juli sebelum mengikuti turnamen pemanasan di Crete pada 9-11 Agustus yang diikuti juga oleh Hongaria dan Iran.

Selanjutnya Yunani juga akan menggelar Turnamen Akropolis pada 16-18 Agustus di Athena, yang turut melibatkan Italia, Serbia dan Turki.

Laga pemanasan terakhir mereka bakal berlangsung di China menghadapi tuan rumah, Yordania dan Turki atau Senegal.

Di China, Yunani berada di Grup F bersama Brasil, Montenegro dan Selandia Baru, serta melangsungkan pertandingan penyisihan di Nanjing.

Laga pertama Yunani di putaran final Piala Dunia FIBA melawan Montenegro pada 1 September sebelum bertemu Brasil dan Selandia Baru tiap dua hari berselang.

Baca juga: Dua bintang NBA dan satu rekrutan anyar warnai saringan roster Italia

Berikut daftar 18 pemain roster sementara Timnas Yunani:

Antonis Koniaris (guard), Christos Saloustros (guard/forward), Dinos Mitoglou (forward), Giannis Athianaiou (guard), Giannis Antetokounmpo (guard/forward). Giannis Borousis (center), Giannoulis Larentzakis (guard), Giorgos Papagiannis (center), Giorgos Printezis (forward), Ioannis Papapetrou (forward), Kostas Antetokounmpo (forward/center), Kostas Papanikolaou (forward), Kostas Sloukas (guard), Nick Calathes (guard), Panaigoits Vasilopoulos (forward), Thanasis Antetokounmpo (forward), Tyler Dorsey (guard), Vageelis Mantzaris (giuard)

Pelatih kepala: Thananasis Skourtopoulos

Baca juga: Bradley Beal bidik satu tempat roster AS untuk Piala Dunia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019