Video informasikan warga negara asing berdatangan di Riau, ini penjelasannya

Video informasikan warga negara asing berdatangan di Riau, ini penjelasannya

Kampanye anti hoax. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video yang diunggah dan beredar di media sosial menginformasikan kedatangan ratusan warga negara asing dari China di sebuah bandara di Riau. Video tersebut diunggah dengan narasi "baru satu hari diumumkan menang ribuan Cina sudah berdatangan."

Klaim     : Ratusan Warga negara asing berdatangan ke Indonesia melalui bandara untuk tinggal di Indonesia
Rating   :  Salah/Disinformasi

Penjelasan 
Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau menyatakan video yang menyebar atau viral di media sosial, yang menyebut warga negara asing (WNA) China ramai-ramai "menyerbu" Riau lewat Bandara di Kota Pekanbaru adalah tidak benar.

"Rombongan tersebut tidak ada yang berangkat ke luar negeri, sementara tidak diketahui kebangsaannya," kata Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau Mas Agus Santoso, di Pekanbaru, Senin (1/7).

Berdasarkan penelusuran, lokasi di video itu memang benar di Bandara Pekanbaru tepatnya di Terminal Keberangkatan. Ciri spesifik dari Terminal Keberangkatan di bandara itu adalah ada eskalator di lantai dasar yang mengarah ke konter check-in penumpang pesawat.

Mas Agus Santosa mengatakan dari hasil koordinasi internal mengenai video ini, bisa disimpulkan bahwa rombongan tersebut kemungkinan adalah warga negara Indonesia dari daerah di luar Riau. Mereka akan berangkat dengan pesawat dengan rute penerbangan domestik, setelah mengikuti acara Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Dengan beredar video itu dengan narasi yang tidak benar, ia khawatir akan menimbulkan opini negatif di masyarakat.

"Sudah ada beberapa opini yang negatif, mudah-mudahan tidak semuanya negatif dari opini masyarakat. Kasihan yang mudah terhasut," katanya pula.

Executive General Manager Bandara SSK II, Jaya Tahoma Sirait, juga membantah isu serbuan WNA China di Bandara Pekanbaru.

"Mereka itu wisatawan yang habis menghadiri Bakar Tongkang. Kita sebagai operator bandara, semuanya tentu harus kita layani," kata Jaya Tahoma Sirait.

Cek fakta: Imigrasi mengklarifikasi isu video viral WNA China "serbu" Riau
 
Tangkapan layar klarifikasi hoaks Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 
Pewarta : Tim Jacx dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019