Beijing (ANTARA) - Cadangan devisa China sedikit meningkat menjadi 3,1192 triliun dolar AS pada akhir Juni, data resmi menunjukkan pada Senin.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 18,2 miliar dolar AS atau 0,6 persen dari akhir Mei, menurut Administrasi Negara Valuta Asing (SAFE).

Wang Chunying, juru bicara SAFE, menghubungkan kenaikan cadangan devisa Juni dengan berbagai faktor, termasuk fluktuasi nilai tukar dan perubahan harga-harga aset.

Meskipun meningkatnya ketidakpastian eksternal dan volatilitas, ekonomi China telah mempertahankan stabilitas keseluruhan dan berjalan dalam kisaran yang wajar sejauh ini tahun ini, kata Wang, menekankan bahwa pasar valuta asing China telah menjaga keseimbangan dasar antara penawaran dan permintaan.

Wang mengatakan negara itu akan terus meningkatkan pembangunan ekonomi berkualitas tinggi, meluncurkan lebih banyak langkah untuk memajukan dan meningkatkan ketahanan dan ekonomi keberlanjutan.

Langkah-langkah ini akan memberikan dasar yang kuat untuk stabilitas cadangan devisa, Wang menambahkan. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Bursa China melemah, Indeks Komposit Shanghai dibuka turun 0,44 persen

Baca juga: Yuan China melemah jadi 6,8881 terhadap dolar AS




 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019