Tokyo (ANTARA) - Harga minyak turun di perdagangan Asia pada Selasa pagi, di tengah kekhawatiran atas prospek permintaan setelah tanda-tanda terbaru bahwa perselisihan perdagangan internasional telah menyeret ekonomi global, meskipun ketegangan di Timur Tengah menawarkan beberapa dukungan terhadap harga.

Minyak mentah berjangka Brent turun 21 sen atau 0,3 persen menjadi diperdagangkan di 63,90 dolar AS per barel pada pukul 00.22 GMT (07.22 WIB). Patokan global Brent melemah 12 sen pada perdagangan Senin (8/7/2019).

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) turun 20 sen atau 0,4 persen menjadi diperdagangkan di 57,46 dolar AS per barel. Minyak mentah WTI, patokan AS, naik 15 sen di sesi sebelumnya.

Harga minyak sedang tertekan oleh kekhawatiran yang sedang berlangsung tentang permintaan karena perang perdagangan AS-China, menuju tahun kedua, mengurangi prospek pertumbuhan ekonomi global.

Pesanan mesin inti Jepang mengalami penurunan terbesar dalam delapan bulan, data menunjukkan pada Senin (8/7/2019), sebagai tanda ketegangan perdagangan global telah berdampak pada investasi perusahaan.

Angka pemerintah Jepang pada Selasa juga menunjukkan bahwa upah riil di negara itu turun selama lima bulan berturut-turut.

"Perang perdagangan yang berkepanjangan ... tampaknya tidak mendekati resolusi, dan itu akan tetap menjadi faktor negatif untuk harga minyak mentah, karena berdampak pada perkiraan pertumbuhan global," kata Alfonso Esparza, analis pasar senior di OANDA, Toronto.

Sementara itu, Goldman Sachs mengatakan pertumbuhan produksi minyak serpih AS kemungkinan akan melampaui permintaan global setidaknya sampai 2020, membatasi kenaikan harga minyak meskipun ada pembatasan produksi dipimpin oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Harga masih rentan terhadap guncangan dari ketegangan yang berkepanjangan di Timur Tengah, kata analis dan pedagang.

Iran pada Senin (8/7/2019) mengancam untuk memulai kembali sentrifugal yang dinonaktifkan dan meningkatkan pengayaan uranium menjadi 20 persen dalam suatu langkah yang selanjutnya mengancam perjanjian nuklir 2015 yang ditinggalkan Washington tahun lalu.

Washington telah memberlakukan sanksi yang menghilangkan manfaat yang seharusnya diterima Iran sebagai imbalan atas persetujuan untuk mengekang program nuklirnya berdasarkan kesepakatan 2015 dengan kekuatan dunia.

Konfrontasi telah membawa Amerika Serikat dan Iran hampir mengalami konflik, dengan Presiden AS Donald Trump membatalkan serangan udara bulan lalu beberapa menit sebelum berdampak.

Baca juga: Harga minyak turun di perdagangan Asia, tertekan oleh pasokan AS
Baca juga: Harga minyak turun di Asia, tertekan kehawatiran permintaan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019