Jakarta (ANTARA) - Jelang laga sepakbola antara Persija kontra Persib siang ini, pengamanan di Stasiun Palmerah, Jakarta Selatan ditingkat dengan penambahan petugas keamanan, Rabu (10/7).

Salah satu petugas keamanan dalam (PKD) Stasiun Palmera M Rizal mengatakan ada sekitar 16 petugas yang diturunkan hari ini berjaga-jaga di stasiun.

Baca juga: Bobotoh diimbau tenang dan tertib terkait pertandingan Persija-Persib
Baca juga: Jakmania diminta tahan diri terkait pertandingan Persija-Persib


"Biasanya petugas itu ada delapan orang, sekarang ada penambahan di bagian informasi jadi delapan orang totalnya ada 16 lah yang berjaga hari ini," kata M Rizal.

Rizal mengatakan petugas dikerahkan untuk membantu kelancaran lalu lintas penumpang agar tidak terjadi antrean ataupun penumpukan di pintu keluar dan masuk stasiun.

Petugas mengarahkan para penumpang, menyampaikan informasi kedatangan dan keberangkatan kereta, sehingga penumpang terlayani dengan baik.

"Biar enggak terjadi antrean saja, apalagi ada pergerakan pendukung sepakbola buat jaga-jaga tetap aman," katanya.

Menurut Rizal para suporter Persija dari pukul 09.00 WIB belum terlihat ramai, penumpang yang datang normal seperti biasa tidak terjadi kepadatan maupun antrean.

Mereka (para suporter), lanjut Rizal, baru terlihat ramai tiba di Stasiun Palmerah sekitar pukul 11.30 WIB.

"Kayaknya hari ini tidak terlalu ramai seperti pertandingan biasanya. Atau mungkin agak siangan baru ramainya," kata Rizal.

Hingga pukul 13.17 WIB kepadatan penumpang bergelombang datangnya. Kadang ramai kadang berkurang. Di antara para penumpang kereta yang turun di Stasiun Palmerah itu kebanyakan adalah para pendukung klub Persija.

Mereka terlihat dari atribut yang dipakainya yakni baju warna oranye dan merah serta syal bertuliskan Persija.

Stasiun Palmerah merupakan stasiun kereta api terdekat dari Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kebanyakan para suporter yang datang menggunakan kereta mengakses stasiun ini.

Mereka datang dari berbagai daerah seperti Rangkas, Tiga Raksa, Banten, Kalideres Jakarta, dan juga Parung, Kabupaten Bogor.

Umumnya para suporter ini masih berusia remaja antara 17 tahun sampai 30 an tahun. Rata-rata lulusan sekolah dan pekerja serabutan.

Riska (17) suporter dari Kalideres tiba bersama rombongan pendukung Persija lainnya sekitar pukul 13.00 WIB.

Riska mengaku sudah menjadi pendukung Persija sejak kecil, bahkan keluarganya juga menjadi pendukung setia klub sepakbola Jakarta itu.

"Sudah sejak kecil sih dukung Persija, dikenalin sama ayah yang juga pendukung Persija," kata.

Sebelum bergerak ke GBK sejumlah suporter memanfaatkan fasilitas seperti toilet dan mushola yang ada di Stasiun Palmera serta membeli makanan atau minuman yang tersedia di sejumlah kios yang ada di dalam stasiun..

Laga Persija kontra Persib dijadwalkan berlangsung pada Rabu pukul 15.30 WIB di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Hingga pekan ke delapan Liga 1/2019, Persija Jakarta berada di peringkat ke-14 klasemen sementara dengan raihan lima poin.

Sementara Persib Bandung berada satu tingkat di atas Persija dengan mengumpulkan enam poin.

Baca juga: Ryan D'Masiv ingatkan Jakmania untuk tidak terprovokasi
Baca juga: Pendukung Persija mulai berdatangan di Stasiun Palmera

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019